7 Hal yang Harus Dihindari saat Wudhu, Nomor 3 Sering Keceplosan

Minggu 16 Agustus 2020 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 16 616 2262973 7-hal-yang-harus-dihindari-saat-wudhu-nomor-3-sering-keceplosan-D3G278reAj.jpg ilustrasi (stutterstock)

WUDHU salah satu syarat sah mengerjakan sholat. Jika wudhunya salah, maka berpotensi besar sholatnya juga tidak akan diterima oleh Allah SWT. Maka, sebelum berwudhu pahami dulu apa saja yang diwajibkan dibasuh. Kemudian ketahui juga hal-hal yang perlu dihindari.

Kewajiban saat wudhu adalah berniat dalam hati ketika membasuh seluruh wajah dari ujung pangkal tumbuh rambut hingga di bawah dagu, kemudian membasuh kedua tangan sampai kedua siku, membasuh sebagian rambut kepala dengan air, dan membasuh kedua kaki hingga mata kaki. Ini harus dikerjakan tertib atau berurutan.

Baca juga: 4 Cara Bertobat dari Dosa Zina

Sebelum berwudhu disunnahkan bersiwak terlebih dahulu. Rasulullah SAW, “Satu kali sholat dengan bersiwak itu lebih utama daripada tujuh puluh kali sholat tanpa bersiwak.” (HR. Imam Ahmad dan Al-Bazzar dari Aisyah).

Lalu, apa hal-hal yang harus dihindari saat berwudhu?

Mahasantri Ma’had Aly Hasyim Asy’ari, Almara Sukma Prasintia dalam sebuah artikelnya bersumber dari Kitab Bidayatul Hidayah menuliskan 7 hal yang harus dihindari saat berwudhu sebagaimana dilansir dari laman Tebuireng.Online, Minggu (16/8/2020), sebagai berikut:

1. Janganlah mengibaskan tangan yang menyebabkan air memercik ke mana-mana.

2. Janganlah menempelkan air ke atas kepala dan wajah dengan sekali tempel.

3. Janganlah berbicara di tengah-tengah wudhu.

4. Janganlah membasuh anggota tiap-tiap wudhu lebih dari tiga kali.

Baca juga: Jauhi Gibah, Perbuatan Buruk Layaknya Makan Daging Saudara Sendiri

5. Janganlah terlalu banyak menggunakan air, tanpa ada keperluan, lebih-lebih hanya karena was-was. Sebab, orang yang was-was itu sebenarnya dipermainkan oleh setan yang bernama

6. Jangan berwudhu dengan air yang telah terkena sinar matahari (musyammas).

7. Janganlah berwudhu dengan air yang berada di tempat yang terbuat dari logam, seperti kuningan.

Menjalankan ketujuh perkara tersebut ketika berwudhu hukumnya makruh.

Larangan untuk sekadar menempelkan wajah dan kepala maksudnya agar kita membasuh wajah dan kepala maksudnya agar kita mengusap wajah dan mengusap kepala, tidak sekedar menempelkan saja. Sekedar menempelkan saja tidak bisa disebut membasuh atau mengusap.

Imam Al-Ghazali juga menekankan untuk memakai air seperlunya saja. Jangan sampai demi menyempurnakan wudhu, justru malah terjerumus kepada perilaku membuang-buang air yang bisa memunculkan perilaku haram.

Hal ini sering terjadi pada orang yang kadang ragu-ragu apakah membasuh wajahnya sudah berbarengan dengan niat atau belum.

Padahal menurut sebagian pendapat, berbarengannya niat dengan membasuh wajah bisa saja secara umum, atau ketika membasuh wajah sudah berada di tengah-tengah niat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini