Bagaimana Sih Hukumnya Memakai Susuk dalam Islam?

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 21:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 330 2267964 bagaimana-sih-hukumnya-memakai-susuk-dalam-islam-yIQOPKzyHF.jpg Ilustrasi susuk (Shopee)

BANYAK cara dilakukan manusia supaya terlihat sempurna di mata orang lain secara instan, bahkan memakai cara yang dilarang oleh Allah Subhanahu wa ta'ala, seperti menanam susuk di anggota tubuh. Ini sering dilakukan oleh sebagian orang terutama perempuan yang ingin memikat lawan jenis atau penglaris.

Namun, bagaimana sebenarnya hukum memakai susuk di dalam Islam?

"Dalam kaidah fikih dikatakan bahwa segala sesuatu tergantung sebab musababnya. Di mana ini akan menimbulkan hukum yang berbeda-beda, misal bagi orang yang menggunakan susuk," kata Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Baca juga:  Sains dalam Alquran, Matahari Terbit dari Barat sebagai Tanda Hari Kiamat

"Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda:

انما الاعمال بالنيات وانما لكل امرئ ما نوى رواه البخارى

Artinya: "Segala sesuatu tergantung pada niatnya, dan apa yang didapatkan ialah apa yang telah diniatkan." (HR. Bukhari).

Kemudian, Ustadz Ainul Yaqin pun menjelaskan maksud hadist di atas, yaitu segala sesuatu tergantung pada niat atau tujuannya melakukan hal tersebut. Misalnya, seseorang memasang susuk karena merasa kurang percaya diri.

Baca juga:  Inilah Sahabat Sejati yang Kelak Menemanimu di Alam Kubur

Terlebih, tindakan memasang susuk dengan alasan terlihat cantik karena rasa tidak puas akan karunia Allah Subhanahu wa ta'ala adalah dosa.

Selain itu ketika ia memakai susuk dengan mantra-mantra, atau perantara makhluk lain yang sangat berbahaya. Bahkan akan menyebabkan kerusakan pada raga dan jiwanya, akibat persekutuannya dengan jin atau setan.

"Jika dia melakukan itu karena merasa kurang cantik dan kurang atas pemberian atau karunia Allah atas fisik dan tubuhnya, jelas dia mengingkari nikmat Allah. Dan ini adalah bagian dari dosa besar, syirik atau menyekutukan Allah. Menghipnotis orang lain dengan tipu daya susuk agar orang terperdaya aura atau khasiat susuk tersebut," ujarnya

Seperti dijelaskan dalam surat Ibrahim ayat 7 yang membahas tentang azab Allah, bagi siapa saja yang tidak bersyukur. Yaitu:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Wa iż ta`ażżana rabbukum la`in syakartum la`azīdannakum wa la`ing kafartum inna 'ażābī lasyadīd

Artinya: "Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih" (QS. Ibrahim:7)

 

Lalu bagaimana agar kita terlihat cantik luar dan dalam?

Ustadz Ainul mengatakan, jika ingin terlihat cantik dan wajah lebih bercahaya yaitu dengan menjaga berwudhu, sholat tahajud, berdzikir hingga menyebut asma-asma Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Insya Allah kebutuhan kita terkait Jodoh, agar pasangan yang bahagia (setia), termasuk agar kita selalu tampil cantik atau ganteng di depan pasangan akan dimudahkan Allah SWT. Ada fasilitas dari Allah, kita harus pergunakan dengan maksimal yakni Doa. Dan Jangan melakukan hal-hal yang malah menyesatkan diri kita untuk jauh dari rasa bersyukur kepada Allah. Terlebih bersekutu dengan Jin dan setan. Naudzubillah min dzalik," pungkasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini