Sains Ungkap 3 Kegelapan yang Tertulis dalam Alquran

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 27 Agustus 2020 18:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 614 2268406 sains-ungkap-3-kegelapan-yang-tertulis-dalam-alquran-o0hq76I5im.JPG Ilustrasi (Foto: pbs.org)

ALLAH Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ ثُمَّ جَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَأَنْزَلَ لَكُمْ مِنَ الْأَنْعَامِ ثَمَانِيَةَ أَزْوَاجٍ ۚ يَخْلُقُكُمْ فِي بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ خَلْقًا مِنْ بَعْدِ خَلْقٍ فِي ظُلُمَاتٍ ثَلَاثٍ ۚ ذَٰلِكُمُ اللَّهُ رَبُّكُمْ لَهُ الْمُلْكُ ۖ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ فَأَنَّىٰ تُصْرَفُونَ

(Khalaqakum min nafsiw wāḥidatin ṡumma ja'ala min-hā zaujahā wa anzala lakum minal-an'āmi ṡamāniyata azwāj, yakhluqukum fī buṭụni ummahātikum khalqam mim ba'di khalqin fī ẓulumātin ṡalāṡ, żālikumullāhu rabbukum lahul-mulk, lā ilāha illā huw, fa annā tuṣrafụn).

Artinya: "Dia menciptakan kamu dari seorang diri kemudian Dia jadikan daripadanya isterinya dan Dia menurunkan untuk kamu delapan ekor yang berpasangan dari binatang ternak. Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan Yang mempunyai kerajaan. Tidak ada Tuhan selain Dia; maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?" (QS. Az Zumar:6).

“Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan,” (QS. Az-Zumar: 6).

Baca juga: Yuk Sering-Sering Baca Ayat Kursi, Jaminannya Surga Lho

Ayat di atas cukup membingungkan dengan kalimat tiga kegelapan, dan tidak semua orang memahami makna yang sebenarnya. Lalu apa yang dimaksud dengan tiga kegelapan?

Dikutip dari Buku Pintar Sains dalam Alquran karya Dr Nadiah Thayyarah, menurut para mufassir, tiga kegelapan itu adalah kegelapan perut, kegelapan rahim, dan kegelapan tali ari-ari (plasenta). Ungkapan ini ada dalam Tafsir Ath-Thabari, Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Adh-Dhilal, dan Shafwat al-Bayan lima’ani Alquran.

Lantas apa yang dikatakan para dokter? Di antara mereka ada yang berpendapat bahwa tiga kegelapan itu ialah tiga selaput; amnion, korion, dan selaput decidua. Sementara para ahli yang lain berpendapat; perut, rahim, dan selaput amnion.

Lebih lanjut, apabila ditelaah secara ilmiah pendapat para mufassir di atas. Menurut mereka, kegelapan pertama ialah kegelapan perut. Ini memang benar-benar kegelapan, karena rongga perut relatif gelap.

Kemudian kegelapan kedua ialah rahim, dan ternyata di dalam rahim juga benar-benar gelap, khususnya pada fase penciptaan sebelum dindingnya menipis dan mengalami pembaruan.

Bayangkan dua kegelapan ini, kira-kira cahaya apa yang bisa masuk ke dalam keduanya? Secara ilmiah tidak ada. Kecuali jika sejenis sinar halus atau sisa-sisa cahaya yang terhenti di selaput. Selaput korion amat gelap, sedangkan selaput decidua hanyalah sisa-sisa tak bernilai yang ada di sekitar zigot.

Adapun yang ketiga ialah selaput amnion, selaput ini amat transparan. Ia tak mungkin mengisi rongga oval secara keseluruhan dan tempatnya masih jauh dari selaput korion.

Saat para mufassir mengucapkan istilah "tali ari-ari", maksud mereka adalah selaput-selaput, terutama plasenta sebagai segumpal daging yang belum terbentuk dan masih berupa selaput korion yang diliputi oleh bulu-bulu halus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini