Disunahkan Mandi Sebelum Sholat Jumat, Begini Niatnya

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 614 2268822 disunahkan-mandi-sebelum-sholat-jumat-begini-niatnya-cYUvyKWcT0.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SALAH satu sunah sebelum melaksanakan Sholat Jumat adalah mandi. Di mana mandi ditujukan untuk membersihkan hadast atau kotoran yang ada di dalam diri manusia.

"Bagi mereka yang santai-santai di rumah kemudian yang ingin Sholat Jumat baru mandi, pakai pakaian bersih, pakai wangi-wangian," ujar Ketua Bidang Bidang Pendidikan dan Kaderisasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Abdullah Jaidi kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Berikut ini niat mandi sebelum sholat Jumat:

نويت الغسل لحضور صلاة الجمعة سنة لله تعالى

(Nawaitul ghusla li hudhuri shalatil Jum‘ati sunnatan lillahi ta‘ala)

Artinya: "Saya niat mandi sunah untuk menghadiri Salat Jumat karena Allah Ta'ala,"

Baca juga: Baca Doa Ini sebelum Berangkat Kerja agar Urusan Lancar dan Berkah

Ia juga menambahkan bahwa yang sedang menjalankan aktivitas seperti pergi ke kantor, itu tidak perlu mandi karena sudah dibersihkan sebelum berangkat.

"Gini, kalau kita ada aktivitas seperti ini, kita kan sudah mandi dari pagi. Intinya sebelum Sholat Jumat, disunahkan (mandi)," jelasnya.

Sementara diterangkan dalam hadits berikut ini, Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam bersabda:

إِذَا اَرَادَ اَحَدُكُمْ أَنْ يَأتِىَ الْجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ

Artinya: "Dari Ibnu Umar, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Apabila salah seorang dari kamu hendak sembahyang (Sholat) Jumat, hendaklah ia mandi," (HR. Muslim).

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini