Mau Sholat Jumat, Perhatikan 11 Hal Ini Agar Pahala Mengalir

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 330 2325654 mau-sholat-jumat-perhatikan-11-hal-ini-agar-pahala-mengalir-5ggf8acZOx.jpg Sholat Jumat dipadati jamaah di Masjid Istiqlal sebelum pandemi. (Foto:Okezone)

JAKARTA- Sholat Jumat berjamaah mempunyai keutamaan yang sangat mulia sehingga untuk melaksanakannya perlu memperhatikan beberapa hal ini. Ini perlu dilakukan agar kita tidak menjadi lalai.

Seperti dikutip dari Kitab Minhajul Muslimin karya Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jaza'iri dikutip pada Jumat (11/12/2020) menyebutkan adapun hal- hal yang perlu diperhatikan yakni:

1. Mandi bagi setiap orang yang akan menghadiri Sholat Jum'at, berdasarkan sabda Rasulullah:

 "Mandi Jum'at itu diwajibkan atas setiap orang yang telah ihtilam atau baligh". (Muttafaq' alaih-Bukhari)

Baca Juga: Bagaimana Jika Makmum Tertinggal Sholat Jumat, Ini Penjelasannya

2. Mengenakan pakaian yang bersih dan memakai minyak wangi, berdasarkan sabda Rasulullah:

 "Diwajibkan atas setiap Muslim mandi pada Hari Jum'at, memakai pakaian yang bersih dan jika ia memiliki minyak wangi, maka hendaklah ia memakainya. (HR Ahmad-Abu Daud)

3. Berangkat pagi-pagi ke masjid bagi orang yang akan menghadiri Sholat Jumat sebelum tiba waktunya berdasarkan sabda Rasulullah:

Baca Juga: Kebiasaan Berkata Negatif dan Laknat, Begini Hukumnya dalam Islam

"Barangsiapa yang mandi pada Hari Jum'at sebagaimana mandi jinabah, kemudian berangkat pada waktu yang pertama; maka seakan-akan dia berkurban dengan seekor unta, barangsiapa yang berangkat pada waktu yang kedua; maka seakan-akan dia berkurban dengan seekor sapi, barangsiapa yang berangkat pada waktu yang ketiga, maka seakan-akan dia berkurban dengan seekor kambing yang bertanduk, barangsiapa yang berangkat pada waktu yang keempat, maka seakan-akan dia berkurban dengan seekor ayam, dan barang-

siapa yang berangkat pada waktu yang kelima, maka seakan-akan dia berkurban dengan sebutir telur. Jika imam telah datang, niscaya para malaikat datang untuk mendengarkan peringatan (khutbah). (HR: Malik)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Sholat sunnah empat rakaat atau lebih ketika masuk masjid

Berdasarkan sabda Nabi:

"Tidaklah seseorang mandi pada Hari Jum'at, bersuci menurut ke sanggupannya dan memakai minyak wangi atau wewangian yang ada di rumahnya, kemudian ia berangkat ke masjid dengan tidak memisahkan di antara dua orang yang duduk), lalu menunaikan sholat yang diwajibkan kepadanya, lalu diam saat imam sedang

khutbah, kecuali dosanya akan diampuni dari Hari Jum'at hingga Hari Jum'at lainnya, (selama ia tidak mengerjakan perbuatan dosa. (HR: Bukahri)

5. Menghentikan bacaan dan perbuatan sia-sia seperti mem- permainkan kerikil dan lain-lain ketika imam berkhutbah, berdasarkan sabda Rasulullah:

Jika kamu berkata kepada sahabatmu pada Hari Jum'at pada saat imam sedang khutbah, 'Diamlah!' Maka sungguh kamu telah melakukan perbuatan yang sia-sia. (HR: Muslim)

Kemudian sabda beliau:

"Barangsiapa yang mengusap-usap kerikil (untuk membersihkan tempat sujudnya), niscaya ia telah melakukan perbuatan yang sia- sia, sedang barangsiapa yang melakukan perbuatan yang sia-sia, maka dia tidak mendapatkan (pahala) Sholat Jumat (HR: Abu Daud)

6. Jika seseorang memasuki masjid ketika imam sedang khotbah, hendaklah dia melaksanakan Sholat Tahiyyatul masjid dua rakaat dengan ringan. Hal itu berdasarkan sabda Rasulullah:, 

Baca Juga:  Ghibah Seperti Memakan Bangkai Saudara Sendiri yang Sudah Mati

"Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid pada Hari Jum'at ketika imam sedang khutbah, hendaklah dia rukuk (sholat) dua rakaat dan hendaklah melakukannya dengan ringan pada keduanya. (HR: Abu Dawud)

7. Makruh melangkahi pundak jama'ah yang telah duduk lebih dahulu serta memisahkan di antara mereka, berdasarkan sabda Rasulullah yang ditujukan kepada seseorang yang me langkahi pundak orang-orang,

"Duduklah kamu, sungguh kamu telah menyakiti." (HR: Abu Dawud)

Kemudian sabda Rasulullah:

"... dan hendaklah ia tidak memisalikan di antara dua orang."(Hadits yang sama).

8. Haram melakukan transaksi jual beli ketika diseru untuk menunaikan Sholat Jum'at. Hal itu berdasarkan Firman Allah :

"Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jum'at, maka bersegeralah kalian kepada meng- ingat Allah dan tinggalkan jual beli." (Al-Jumu'ah:9).

9. Disunnahkan untuk membaca Surah al-Kahfi pada malam Jum'at dan siang harinya, berdasarkan sabda Rasulullah:

"Barangsiapa yang membaca surat al-Kahfi pada Hari Jum'at dan malam harinya), niscaya Allah akan meneranginya dengan sebuah cahaya di antara dua Jumat itu. (HR: Al Hakim)

10. Memperbanyak membaca shalawat atas Nabi, berdasarkan sabda Nabi:

"Perbanyaklah membaca shalawat atasku pada Hari Jum'at dan pada malamnya. Barangsiapa yang melakukan hal tersebut, niscaya aku akan menjadi saksi dan pemberi syafa'at baginya pada Hari Kiamat. (HR: Al-Baihaqi)

11. Memperbanyak doa pada Hari Jum'at, dikarenakan di dalamnya terdapat satu waktu dikabulkannya doa. Sehingga orang yang berdoa tepat pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabul- kan doanya dan memberikan sesuatu yang dimintanya, berdasar kan sabda Rasulullah:

"Sesungguhnya pada Hari Jum'at terdapat satu saat, di mana tidaklah seorang Muslim memohon suatu kebaikan kepada Allah tepat pada saat itu, melainkan Allah akan memberikan sesuatu yang dimohonkannya tersebut. " (HR: Muslim)

Menurut suatu pendapat, bahwa saat tersebut adalah semenjak imam datang hingga Sholat Jumat selesai dan menurut pendapat lain bahwa saat itu ialah setelah asar. 

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya