Kemuliaan Puasa Arafah Dapat Menjauhkan Siksa Api Neraka

Khairunnisa Nanda Zahra, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 10:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 19 330 2330692 kemuliaan-puasa-arafah-dapat-menjauhkan-siksa-api-neraka-mzuhjUSuds.jpg Puasa Arafah menjadi salah satu puasa sunah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW. (Foto: Medical News Today)

JAKARTA – Besarnya keutamaan dalam menjalankan Puasa Arafah. Ibadah sunah yang dilakukan sebelum Idul Adha ini memberikan banyak manfaat.

Melaksanakan Puasa Arafah menjadi sebuah amalan yang dicintai Allah Subhanahu wa ta’ala (SWT). Hamba-Nya yang taat pada perintah Allah SWT senantiasa melakukan ibadah ini agar lebih mendekatkan diri kepada sang Pencipta.

Baca Juga: Siapakah Wali Songo itu, Ustaz Somad: Mereka Ada, Bukan Dongeng

Hadis Rasulullah, “Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR Muslim)”

Baca Juga: Tak Hanya Manusia, Hewan Juga Dibangkitkan Saat Hari Kiamat

Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan, puasa adalah amal ibadah yang besar, dianjurkan puasa selama 9 hari (puasa Arafah), kalau yang tidak mampu, beberapa hari saja. Kalau yang tidak bisa sama sekali, jangan kehilangan hari ke-9." ujarnya dalam Youtube Ceramah Singkat pada Senin (21/12/2020).

Menjalankan Puasa Arafah dapat menjauhkan dari siksaan api neraka. Seperti diriwayatkan:

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

“Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah. Allah akan mendekati mereka, lalu menampakkan keutamaan mereka kepada para malaikat. Kemudian, Allah SWT. berfirman, ‘Apa yang mereka inginkan? (akan Aku lakukan)’.”(HR Muslim No. 1348).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini