Share

Kemuliaan Puasa Arafah Dapat Menjauhkan Siksa Api Neraka

Khairunnisa Nanda Zahra, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 10:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 19 330 2330692 kemuliaan-puasa-arafah-dapat-menjauhkan-siksa-api-neraka-mzuhjUSuds.jpg Puasa Arafah menjadi salah satu puasa sunah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW. (Foto: Medical News Today)

JAKARTA โ€“ Besarnya keutamaan dalam menjalankan Puasa Arafah. Ibadah sunah yang dilakukan sebelum Idul Adha ini memberikan banyak manfaat.

Melaksanakan Puasa Arafah menjadi sebuah amalan yang dicintai Allah Subhanahu wa taโ€™ala (SWT). Hamba-Nya yang taat pada perintah Allah SWT senantiasa melakukan ibadah ini agar lebih mendekatkan diri kepada sang Pencipta.

Baca Juga:ย Siapakah Wali Songo itu, Ustaz Somad: Mereka Ada, Bukan Dongeng

Hadis Rasulullah, โ€œPuasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR Muslim)โ€

Baca Juga:ย Tak Hanya Manusia, Hewan Juga Dibangkitkan Saat Hari Kiamat

Ustaz Khalid Basalamah menjelaskan, puasa adalah amal ibadah yang besar, dianjurkan puasa selama 9 hari (puasa Arafah), kalau yang tidak mampu, beberapa hari saja. Kalau yang tidak bisa sama sekali, jangan kehilangan hari ke-9." ujarnya dalam Youtube Ceramah Singkat pada Senin (21/12/2020).

Menjalankan Puasa Arafah dapat menjauhkan dari siksaan api neraka. Seperti diriwayatkan:

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

โ€œDi antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah. Allah akan mendekati mereka, lalu menampakkan keutamaan mereka kepada para malaikat. Kemudian, Allah SWT. berfirman, โ€˜Apa yang mereka inginkan? (akan Aku lakukan)โ€™.โ€(HR Muslim No. 1348).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini