Bagaimana Doa Setelah Sholat, Begini Penjelasannya

Nazmi Tsaniya, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 19 330 2330708 bagaimana-doa-setelah-sholat-begini-penjelasannya-3EnNbKctaM.jpg Berdoa adalah hal yang sangat penting dilakukan. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam (SAW) menganjurkan umatnya untuk berdzikir dan berdoa setelah sholat fardhu.

Sejatinya, dengan memperbanyak doa dan dzikir kepada Allah Subhana Wata'ala (SWT) merupakan hal yang baik. Namun, berdoa dan berdikir setelah sholat hukumnya tidak wajib. Karena, Islam memang tidak pernah memaksa umatnya.

Baca Juga: Tenang Saja, Semua Sudah Diatur dalam Islam

Ada sebagian orang berdoa setelah sholat fardhu. Sebagian lain, ada yang berdoa ketika sedang sholat, seperti dalam tasyahud akhir sebelum salam dan lainnya.

Anggapan ini ada yang mengatakan tidak benar dan ada yang mengatakan benar. Namun, ada sebuah hadis shahih tentang Rasulullah yang berdoa setelah salam.

Baca Juga: Bahaya Fitnah Akhir Zaman, Quran Surah Al-Ankabut Sudah Mengingatkan

Dari al-Bara’ Radhiyallahu anhu, dia berkata, “Jika kami sholat di belakang Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam, kami senang berada di sebelah kanan beliau. Beliau shalallahu alaihi wa sallam akan menghadapkan wajahnya kepada kami. Aku pernah mendengar beliau berdoa, “Wahai Rabbku, jagalah aku dari siksa-Mu pada hari (kiamat) yang Engkau akan membangkitkan atau mengumpulkan hamba-hambaMu.” (HR. Muslim no.709)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini