Ini Kutipan Sejumlah Hadits Tentang Masa Muda, Jangan Sia-siakan Waktumu!

Kamis 18 Februari 2021 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 330 2364408 ini-kutipan-sejumlah-hadits-tentang-masa-muda-jangan-sia-siakan-waktumu-QRxUUW4bNK.jpg Muhammad Vickry Dai Muda RCTI Plus. (Foto: RCTI Plus)

JAKARTA – Memanfaatkan masa muda dengan baik dan jangan mensia-siakan masa muda akan menjadi topik pembicaraan dalam program DAI MUDA RCTI+ episode 58 bersama Muhammad Vickry. DAI MUDA tayang secara eksklusif di RCTI+ setiap Rabu & Jum’at pukul 15.30 WIB.

Di episode tersebut, Muhammad Vickry yang merupakan Hafiz muda, bakal memberikan pandangan, pengetahuan serta arti dari hadits – hadits mengenai masa muda.

Salah satunya adalah dari Ibnu ‘Abbas. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara : Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, Hidupmu sebelum datang kematianmu.” (HR. Al Hakim dalam Al Mustadroknya, dikatakan oleh Adz Dzahabiy dalam At Talkhish berdasarkan syarat Bukhari-Muslim. Hadits ini dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shogir).

Apa yang dilakukan di dunia nantinya akan diminta pertanggung jawaban, apa yang dilakukan di dunia, masa muda dihabiskan untuk apa. Masa muda termasuk ke dalam masa emas, masa muda nanti nya diminta pertanggung jawaban secara khusus karena masa muda benar-benar diperhatikan dan anak muda adalah generasi penerus.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak akan bergeser kaki manusia di hari kiamat dari sisi Rabbnya sehingga ditanya tentang lima hal: tentang umurnya dalam apa ia gunakan, tentang masa mudanya dalam apa ia habiskan, tentang hartanya darimana ia peroleh dan dalam apa ia belanjakan, dan tentang apa yang ia amalkan dari yang ia ketahui (ilmu).”

“Di masa muda kemauan dan kemampuan terkumpul jadi satu dan Allah SWT memudahkan kita untuk terus beramal” ucap Muhammad Vickry. Selengkapnya mengenai memanfaatkan masa muda, bisa viewers saksikan kembali DAI MUDA eksklusif di RCTI+ melalui link berikut ini:

https://www.rctiplus.com/programs/989/dai-muda/episode/20968/waktu-muda-yang-sia-sia

Download aplikasi RCTI+ di Play Store dan App Store untuk bisa menikmati banyak konten seru lainnya atau melalui link https://www.rctiplus.com.

Tentang RCTI+ :

RCTI+ hadir sebagai layanan AVOD (layanan Video On Demand berbasis iklan dimana pengguna gratis dalam menggunakannya) & live streaming dari 4 TV terpopuler (RCTI, MNCTV, GTV dan iNews). Hadir juga konten eksklusif yang tidak tayang di Televisi, hanya ada di aplikasi RCTI+. Selain itu juga ada banyak tayangan terbaik seperti Sinetron Legendaris, pertandingan nasional eSports, Drama Korea, Drama China, Film Hollywood, Film Anak. Kemudian RCTI+ berkembang dengan hadirnya 2 fitur lainnya yaitu News dan Radio+. Di dalam News, pengguna dapat membaca berita terlengkap dari berbagai sumber terpercaya. Di dalam Radio+, pengguna dapat mendengarkan radio dari seluruh Indonesia, mendengarkan podcast, cerita suara, musik dan audio book. Pada satu tahun usia RCTI+, RCTI+ menghadirkan 2 fitur baru, yakni Home of Talent (HOT) dan Game. Semua dapat dinikmati dengan mudah tanpa harus registrasi dan secara gratis.

•       Website: https://www.rctiplus.com/

•       Facebook: https://www.facebook.com/RCTIPlusOfficial/  

•       Twitter: https://twitter.com/RCTIPlus  

•       Instagram: https://www.instagram.com/rctiplusofficial/ 

•       Google Play Store: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fta.rctitv&hl=in 

•       App Store: https://apps.apple.com/us/app/rcti/id1472168599

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(rhs)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini