Kisah Nabi Muhammad SAW, Renovasi Kakbah untuk Pertama Kalinya

Dian Ayu Anggraini, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 616 2364228 kisah-nabi-muhammad-saw-renovasi-kakbah-untuk-pertama-kalinya-ZAydPIImb7.jpg Kisah Nabi Muhammad SAW merenovasi Kakbah karena Banjir. (Foto: Arabnews)

JAKARTA – Sebelum peristiwa kenabian Nabi Muhammad SAW, terjadi peristiwa langka di Makkah. Hujan besar membuat rumah-rumah penduduk Kota Makkah terendam banjir, bahkan bangunan suci Kakbah pun ikut terendam.

Tepatnya pada 5 tahun sebelum peristiwa kenabian Nabi Muhammad SAW, awan-awan hitam menumpahkan air yang dalam jumlah yang banyak sehingga membuat bangunan suci Kakbah rusak karena terendam banjir.

Baca Juga : Kisah Bongkahan Batu yang Selalu Mengucap Salam kepada Rasulullah

Para pembesar Quraish berdebat terkait perbaikan Kakbah. Muncul rasa khawatir ketika mengenang peristiwa penyerangan Kakbah oleh pasukan Raja Abrahah. Mereka takut pemilik Kakbah akan marah seperti kejadian naas yang menimpa Abrahah dan pasukannya.

(Foto: Arabnews)

Kakbah pun direnovasi dengan meninggikan bangunannya yang tingginya 9 hasta sejak pembangunan di masa Nabi Ismail. Mereka juga meminta Kakbah diberi atap sehingga tidak ada pencuri yang bisa mengambil barang-barang berharga di dalamnya. Selain itu, dana pembangunan Kakbah tidak boleh dari dana-dana yang kotor.

Baca Juga : Orang-orang yang Memandikan Jasad Mulia Rasulullah

Setelah direnovasi, tiba saatnya peletakkan batu hitam atau biasa disebut Hajar Aswad. Pada saat inilah terjadi perselisihan di antara kabilah. Masing-masing kabilah saling merasa lebih berhak meletakan Hajar Aswad.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya