Produk Halal Jadi Trending Topic Dunia, Indonesia Punya Peran Sangat Penting

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Jum'at 28 Mei 2021 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 28 614 2416626 produk-halal-jadi-trending-topic-dunia-indonesia-punya-peran-sangat-penting-H8Zqd4oH4r.jpeg Produk halal. (Foto:Okezone/Dok)

JAKARTA -  Saat ini halal telah menjadi trending topic tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Halal menjadi jembatan emas untuk mendukung peningkatan ekonomi, perdagangan, dan industri. Oleh karena itu, dengan sertifikasi halal, produk halal tumbuh dan memperkuat pangsa pasar nasional, regional dan internasional.

Hal ini mengemuka saat diskusi ASEAN-Russia Halal Roundtable Discussion bertajuk "The new rules for obtaining halal certification in Indonesia for imported halal products" .

Mewakili Indonesia Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama, Mastuki mengatakan, pihaknya bertanggung jawab atas Jaminan Produk Halal (JPH) di Indonesia dan penyelenggaraan JPH tersebut didasarkan atas sejumlah regulasi.

"Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal di Indonesia didasarkan atas Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, dan yang terbaru Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal," ujar Mastuki melansir laman Kemenag pada Jumat (28/5/2021).

Baca Juga: Wapres Sebut Lembaga Sertifikat Halal Negara Lain Minta Pengakuan Indonesia

Pelaksanaan sertifikasi halal secara mandatori tersebut, lanjut Mastuki, merupakan babak baru sertifikasi halal di Indonesia. Kewajiban sertifkasi halal tersebut diterapkan dengan kebijakan penahapan. Sertifikasi dilaksanakan oleh BPJPH secara kolaboratif dengan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang bertanggung jawab dalam pemeriksaan dan/atau pengujian produk, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai otoritas ulama yang berwenang dalam penetapan fatwa kehalalan produk.

Forum multilateral itu diikuti oleh sekitar 25 delegasi yang terdiri dari perwakilan pemerintah, lembaga sertifikasi produk halal, pakar halal, serta pelaku industri dari masing-masing negara ASEAN dan Rusia.

Forum secara garis besar membahas regulasi dan standar produk halal di masing-masing negara, serta kerja sama produk halal antar negara.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya