Deretan Ustadz Rutin Isi Kajian Online, Pas Banget Disimak Selama PPKM Darurat

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 12 Juli 2021 08:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 12 614 2439165 deretan-ustadz-rutin-isi-kajian-online-pas-banget-disimak-selama-ppkm-darurat-suG9ck2KKB.jpg Ustadz Khalid Basalamah salah satu pendakwah yang rutin isi kajian online. (Foto: YouTube Khalid Basalamah)

SEIRING dengan perkembangan teknologi, ditambah situasi pandemi covid-19, membuat banyak hal menjadi serbadigital dan dilakukan secara online, termasuk berdakwah. Kajian online pun dinilai pas banget untuk kondisi saat ini, terutama selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat alias PPKM Darurat.

Dalam memberikan ilmu agama berbentuk kajian atau ceramah, beberapa ustadz di Indonesia selaku pendakwah juga banyak yang mulai beralih secara online dan aktif memberikan kajian rutin via media sosial.

Siapa sajakah ustadz tersebut? Berikut daftarnya, seperti telah MNC Portal rangkum.

Baca juga: Deretan Obat Herbal Berkhasiat dalam Ajaran Islam, Bisa Cegah Covid-19 

1. Ustadz Abdul Somad

Ustadz Abdul Somad dikenal oleh publik berkat kajian-kajian yang diberikan secara daring melalui media sosial, seperti Instagram dan YouTube.

Pendakwah kelahiran 11 Mei 1977 ini dikenal dengan gaya ceramahnya yang sederhana dan mudah dipahami banyak orang, bahkan sesekali diselingi candaan ringan.

Tidak heran, ustadz lulusan Universitas Al Azhar Kairo, Mesir, ini begitu populer hingga memiliki sebanyak 5,4 juta follower di Instagram. Sementara kanal YouTube-nya telah menggaet sebesar 2 juta subscriber.

Melalui Instagram-nya @ustadzabdulsomad_official dan YouTube 'Ustadz Abdul Somad Official', ia rutin memberikan kajian secara online.

Ustadz Abdul Somad. (Foto: Instagram @ustadzabdulsomad_official)

Baca juga: 5 Gaya Kece Hijab Minimalis ala Ayudia Chaerani Bing Slamet 

2. Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Sosok ustadz selanjutnya yang rutin memberikan kajian secara online adalah Ustadz Syafiq Riza Basalamah. Ustadz Syafiq Riza terkenal akan dakwahnya yang banyak mengangkat masalah percintaan, mulai dari hubungan suami-istri hingga mengenai persoalan jatuh cinta.

Salah satu dakwahnya yang populer di media sosial adalah saat memberikan kajian mengenai masalah jodoh bagi orang yang sedang memendam perasaan suka atau naksir terhadap seseorang.

Penasaran dengan dakwah dai asal Jember ini? Beliau rutin memberikan kajian secara online melalui akun Instagram-nya @syafiqrizabasalamah_official serta kanal Youtube 'Syafiq Riza Basalamah Official'.

Ustadz Syafiq Riza Basalamah. (Foto: YouTube Syafiq Riza Basalamah Official)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Ustadz Adi Hidayat

Siapa yang tidak mengenal sosok ustadz satu ini? Ustadz Adi Hidayat adalah salah satu ahli agama paling populer di jagat dunia maya. Ini berkat konten ceramahnya yang cerdas dan disampaikan dengan lugas.

Ustadz Adi Hidayat dijuluki sebagai "Ahlinya Ilmu Alquran" karena sosoknya yang merupakan seorang penghafal kitab suci Alquran, tidak hanya surat dan ayatnya, tetapi lengkap beserta halaman bahkan letak barisnya.

Pendakwah asal Pandeglang ini juga dikenal memiliki jamaah dari kalangan selebritas, seperti pesinetron Teuku Wisnu hingga Arie K Untung.

Ustadz Adi Hidayat rutin memberikan kajian online yang bisa disimak melalui kanal YouTube-nya 'Adi Hidayat Official' serta Instagram @adihidayatofficial.

Ustadz Adi Hidayat. (Foto: YouTube Adi Hidayat Official)

Baca juga: Puasa Ayyamul Bidh Jatuh Pada Hari Tasyrik, Bolehkah Dilakukan? 

4. Ustadz Khalid Basalamah

Ustadz yang juga merupakan pengusaha dengan gelar doktor ini diketahui sebagai sosok yang aktif memberikan ceramah daring. Dalam menyampaikan ceramahnya, Ustadz Khalid Basalamah dikenal sebagai sosok yang tegas. Ia selalu menekankan pada berbagai macam dalil, hadis, dan kitab yang menjadi landasannya.

Melalui kanal YouTube 'Khalid Basalamah Official' dan akun Instagram @khalidbasalamahofficial, masyarakat bisa mengikuti kajiannya secara rutin via daring.

Ustadz Khalid Basalamah. (Foto: YouTube Khalid Basalamah Official)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya