Keutamaan Surat Yasin Dapat Menggugurkan Dosa, tapi Ada Syaratnya

Iffa Naila Safira, Jurnalis · Kamis 22 Juli 2021 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 22 330 2444608 baca-surat-yasin-dapat-menggugurkan-dosa-tapi-ada-syaratnya-9whjcsteHm.jpg Keutamaan membaca Surat Yasin. (Foto: About Islam)

KEUTAMAAN membaca Surat Yasin tentu memiliki wasilah. Rasulullah SAW juga secara jelas telah mengungkapkan hal tersebut. Surat Yasin terdiri dari 83 ayat dan masuk dalam kategori Makkiyyah.

Nabi Muhammad SAW bersabda: Sesungguhnya segala sesuatu itu mempunyai kalbu (inti) dari kalbu Al-Quran adalah Surat Yasin.

Baca Juga: Arab Saudi Sukses Kawal Ibadah Haji Bebas Virus Covid-19

Dikutip dari buku berjudul "Tafsir Ibnu Katsir Surat Yasin" Jumat (23/7/2021) yang ditulis oleh Imam Ibnu Katsir, berikut penjelasan tafsir dari Surat Yasin.

Barangsiapa membaca Surat Yasin, maka Allah mencatat baginya karena bacaan Surat Yasin itu pahala membaca Al-Quran 10 kali.

Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: Barang siapa yang membaca Surat Yasin di malam hari, pada keesokan harinya dia diampuni. Dan barang siapa yang membaca Ha Mim yang di dalamnya disebutkan pada pagi harinya diampuni.

Yasin adalah kalbu Al-Quran; tidak sekali-kali seseorang membacanya karena mengharapkan pahala Allah dan hari kemudian, melainkan diberi ampunan baginya.

Baca Juga: Presiden Vladimir Putin Sebut Islam Memperkuat Kerukunan Rusia

Sebagian ulama mengatakan bahwa khasiat surat ini ialah ketika dibaca dalam suatu urusan yang sulit, melainkan Allah akan memudahkannya.

Surat Yasin yang dibacakan untuk orang yang sedang menghadapi ajalnya dimaksudkan untuk memohon agar rahmat dan berkah diturunkan baginya, dan agar ruhnya keluar dengan mudah; hanya Allah-lah Yang Maha Mengetahui.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya