Doa Memohon Perlindungan dari Segala Keburukan Menunjukkan Manusia Mahluk yang Lemah

Vitrianda Hilba Siregar, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 330 2447828 doa-memohon-perlindungan-dari-segala-keburukan-menunjukkan-manusia-mahluk-yang-lemah-97s9cKVbHe.jpg Doa memohon perindungan dari segala keburukan. (Foto: Freepik)

DOA memohon perlindungan kepada Allah Ta'ala dari segala keburukan menujukkan bahwa manusia adalah mahluk yang lemah dan membutuhkan pertolongan Rabb-nya. Doa memohon perlindungan ini menjadi tameng dari keburukan yang tidak diketahui kapan datanganya.

Rasulullah shallallaahu’alaihi wa sallam pernah berdoa, 

اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ، وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ، وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ، وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Allaahumma inniy a'udzu bika min zawaali ni'matika, wa tahawwuli 'aafiyatika, wa fujaa-ati niqmatika, wa jamii-'i sakhotika.

Baca Juga: Di Chechnya Warga yang Belum Divaksin Dilarang Masuk ke Masjid

"Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan dari-Mu, lenyapnya keselamatan dari-Mu, datangnya azab-Mu secara tiba-tiba, dan semua kemarahan-Mu." [HR. Muslim dari Ibnu Umar radhiyallahu’anhuma]

Asy-Syaikh Abdullah Al-Bassam rahimahullah berkata, 

الأمور كلها بيد الله تعالى؛ فهو المعطي، وهو المانع، لا رادَّ لأمره، فالاستعاذة والاعتصام من زوال النعم هي في موقعها؛ وواقعة موضعها، فهو يسأل معطيها أن لا يزيلها، وزوالُ النعم يكون غالبًا بسبب الذنوب، فهو يسأل ضمنًا العصمة من الذنوب التي هي سبب زوال النعم. قال تعالى: {ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ} [الروم: 41].

"Segala urusan di tangan Allah, maka Allah yang Maha Memberi dan Maha Menahan, tidak ada yang dapat menolak ketetapan-Nya, maka meminta perlindungan dari hilangnya kenikmatan haruslah tepat, yaitu seseorang meminta kepada Allah yang memberikan nikmat itu agar Dia tidak menghilangkannya.

Baca Juga: Ingat Pesan Rasulullah SAW, Jangan Memaksakan Diri Bekerja di Luar Kemampuan

Dan sebab hilangnya nikmat pada umumnya karena dosa-dosa, maka terkandung dalam doa ini seseorang meminta agar dijaga dari dosa-dosa yang akan menjadi sebab hilangnya kenikmatan.

Allah ta’ala berfirman, 

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ

'Telah nampak malapetaka di daratan dan di lautan akibat dosa-dosa manusia'. (Ar-Rum: 41)." [Taudhihul Ahkam, 7/569-570]

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya