Kandungan Surat Ibrahim Ayat 7 Menekankan Rasa Syukur

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 330 2447957 kandungan-surat-ibrahim-ayat-7-menekankan-rasa-syukur-mUioEYbk9p.jpg Kandungan Surat Ibrahim ayat 7 menekankan rasa syukur. (Foto: Freepik)

KANDUNGAN Surat Ibrahim ayat 7 menekankan bagaimana seorang Muslim bersyukur. Dengan bersyukur, Allah akan menambah nikmat.

Surat Ibrahim berada diurutan ke-14 dalam Al-Quran dan terdiri dari 52 ayat dan masuk dalam kategori Makkiyyah. 

Sementara isi Surat Ibrahim ayat 7 yakni:

وَاِذۡ تَاَذَّنَ رَبُّكُمۡ لَٮِٕنۡ شَكَرۡتُمۡ لَاَزِيۡدَنَّـكُمۡ‌ وَلَٮِٕنۡ كَفَرۡتُمۡ اِنَّ عَذَابِىۡ لَشَدِيۡدٌ

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

Baca Juga: Ingat Pesan Rasulullah SAW, Jangan Memaksakan Diri Bekerja di Luar Kemampuan

Khusus dalam Surat Ibrahim ayat 7, kata Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal, menekankan rasa syukur. Syukur akan terus menambah nikmat dan membuat nikmat itu terus ada. Hakikat syukur adalah melakukan ketaatan dan menjauhi maksiat.

Ibnu Abid Dunya menyebutkan hadits dari ‘Abdullah bin Shalih, ia berkata bahwa telah menceritakan padanya Abu Zuhair Yahya bin ‘Athorid Al Qurosyiy, dari bapaknya, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

لا يرزق الله عبدا الشكر فيحرمه الزيادة

“Allah tidak mengaruniakan syukur pada hamba dan sulit sekali ia mendapatkan tambahan nikmat setelah itu. Karena Allah Ta’ala berfirman, 

Baca Juga: Doa Memohon Perlindungan dari Segala Keburukan Menunjukkan Manusia Mahluk yang Lemah

لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ

“Jika kalian mau bersyukur, maka Aku sungguh akan menambah nikmat bagi kalian.” (QS. Ibrahim: 7) (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman, 4: 124)

Melansir laman Rumaysho disebutkan,  Al Hasan Al Bashri berkata, “Sesungguhnya Allah memberi nikmat kepada siapa saja yang Dia kehendaki. Jika seseorang tidak mensyukurinya, maka nikmat tersebut berbalik jadi siksa.”

Ibnul Qayyim berkata, “Oleh karenanya orang yang bersyukur disebut hafizh (orang yang menjaga nikmat). Karena ia benar-benar nikmat itu terus ada dan menjaganya tidak sampai hilang.” (‘Uddatush Shobirin, hal. 148)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya