Kandungan Surat Al Hijr Ayat 9 Peringatan Bagi Mereka yang Mengabaikan Alquran

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 29 Juli 2021 16:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 29 330 2447976 kandungan-surat-al-hijr-ayat-9-peringatan-bagi-mereka-yang-mengabaikan-alquran-JKrNuE7xxz.jpg Kandungan Surat Al Hijr ayat 9. (Foto: Freepik)

KANDUNGAN Surat Al Hijr ayat 9 merupakan peringatan keras bagi orang-orang yang mengabaikan Al-Quran dan tidak percaya bahwa Al-Quran itu diturunkan Allah kepada rasul-Nya Muhammad.

Surat Al Hijr berada dalam urutan ke-15 dalam Al-Quran dan terdiri atas 99 ayat dan masuk kategori Makkiyyah.

Khusus Surat Al Hijr ayat 9 yang berbunyi:  

اِنَّا نَحۡنُ نَزَّلۡنَا الذِّكۡرَ وَاِنَّا لَهٗ لَحٰـفِظُوۡنَ

"Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Quran, dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya."

Dalam tafsir yang dikeluarkan Kementerian Agama disebutkan sebagai berikut;

Ayat ini merupakan peringatan keras bagi orang-orang yang mengabaikan Alquran dan tidak percaya bahwa Alquran itu diturunkan Allah kepada rasul-Nya Muhammad.

Baca Juga: Ingat Pesan Rasulullah SAW, Jangan Memaksakan Diri Bekerja di Luar Kemampuan

Seakan-akan Allah mengatakan kepada mereka,

"Kamu ini hai orang-orang kafir sebenarnya adalah orang-orang yang sesat yang memperolok-olokkan nabi dan rasul yang telah Kami utus untuk menyampaikan agama Islam kepadamu.

Sesungguhnya sikap kamu yang demikian itu tidak akan mempengaruhi sedikit pun terhadap kemurnian dan kesucian Alquran karena Kamilah yang menurunkannya.

Kamu menuduh Muhammad seorang yang gila tetapi Kami menegaskan bahwa Kami sendirilah yang memelihara Alquran itu dari segala macam usaha untuk mengotorinya dan usaha untuk menambah, mengurangi dan mengubah ayat-ayatnya.

Kami akan memeliharanya dari segala macam bentuk campur tangan manusia terhadapnya.

Baca Juga: Doa Memohon Perlindungan dari Segala Keburukan Menunjukkan Manusia Mahluk yang Lemah

Akan datang saatnya nanti manusia akan menghafal, membaca, mempelajari, dan menggali isinya, agar mereka memperoleh dari Alquran itu petunjuk dan hikmah, tuntunan akhlak dan budi pekerti yang baik, ilmu pengetahuan dan pedoman berpikir bagi para ahli dan cerdik pandai, serta petunjuk ke jalan hidup di dunia dan di akhirat nanti."

Jaminan Allah swt terhadap pemeliharaan Al-Qur'an itu ditegaskan lagi dalam firman-Nya:

"Mereka hendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut (ucapan-ucapan) mereka, tetapi Allah tetap menyempurnakan cahaya-Nya meskipun orang-orang kafir membencinya. (QS. as-shaff: 8)

 Mengenai jaminan Allah terhadap kesucian dan kemurnian Al-Qur'an serta penegasan bahwa Allah sendirilah yang memeliharanya terbukti dengan memperhatikan dan mempelajari sejarah turunnya Al-Qur'an, cara-cara yang dilakukan Nabi saw ketika menyiarkan, memelihara, dan membetulkan bacaan para sahabat, melarang menulis selain ayat-ayat Al-Qur'an, dan sebagainya. Kemudian usaha pemeliharaan Al-Qur'an ini dilanjutkan oleh para sahabat, tabiin, dan oleh setiap generasi kaum Muslimin yang datang sesudahnya, sampai sekarang ini.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(Vitri)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya