Atmosfer Jadi Pelindung Bumi, Ini Penjelasan Alquran dan Sains

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 04 Agustus 2021 00:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 03 614 2450452 atmosfer-jadi-pelindung-bumi-ini-penjelasan-alquran-dan-sains-opqPsE2tzC.jpg Ilustrasi atmosfer melindungi Planet Bumi beserta isinya. (Foto: Comfreak/Pixabay)

ALQURAN dan sains kali ini menjelaskan bahwa atmosfer menjadi pelindung Planet Bumi dan isinya. Hal itu sebagaimana dijelaskan lebih dulu dalam kitab suci Alquran.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surah An-Abiya Ayat 32:

وَجَعَلْنَا السَّمَاءَ سَقْفًا مَحْفُوظًا ۖ وَهُمْ عَنْ آيَاتِهَا مُعْرِضُونَ

Artinya: "Dan Kami menjadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara, sedang mereka berpaling dari segala tanda-tanda (kekuasaan Allah) yang ada padanya." (QS An-Abiya: 32)

Baca juga: Alquran dan Sains Jelaskan Terjadinya Musim Dingin, Semi, hingga Gugur 

Dalam ilmu sains telah diketahui bahwa atmosfer berfungsi melingkupi Planet Bumi dari meteor ataupun benda langit lainnya jatuh ke permukaan.

Atmosfer juga menyaring cahaya berbahaya agar tidak masuk ke Bumi, namun tetap memungkinkan sinar ultraviolet dan gelombang radio yang diperlukan manusia untuk tetap masuk.

Hal ini juga sesuai dengan Surah Al Hajj Ayat 65:

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ سَخَّرَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ وَالْفُلْكَ تَجْرِي فِي الْبَحْرِ بِأَمْرِهِ وَيُمْسِكُ السَّمَاءَ أَنْ تَقَعَ عَلَى الْأَرْضِ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ بِالنَّاسِ لَرَءُوفٌ رَحِيمٌ

Artinya: "Apakah kamu tiada melihat bahwasanya Allah menundukkan bagimu apa yang ada di bumi dan bahtera yang berlayar di lautan dengan perintah-Nya. Dan Dia menahan (benda-benda) langit jatuh ke bumi, melainkan dengan izin-Nya? Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada Manusia."

Baca juga: Alquran dan Sains: Miliki Keturunan Ada Kaitannya dengan Tulang Manusia 

Meski tidak tampak jelas sebagai pelindung, karena manusia tidak setiap hari melihat meteor melintas ke dekat Bumi, langit adalah tanda-tanda kebesaran Allah Subhanahu wa ta'ala.

Tanpa langit yang membiarkan sinar ultraviolet masuk, manusia tidak akan bisa hidup, karena tak ada satu pun tumbuhan yang mampu melakukan fotosintesis.

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya