Share

Alquran dan Sains Ungkap Kurma Bisa Tumbuh dalam 5 Fase

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 05 Agustus 2021 01:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 04 614 2450868 alquran-dan-sains-ungkap-kurma-bisa-tumbuh-dalam-5-fase-kmQHHACOME.jpg Buah kurma dan susu. (Foto: Shutterstock)

ALQURAN dan sains kali ini mengungkap bahwa kurma bisa tumbuh dalam lima fase. Kurma sendiri merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Buah kurma baik untuk dijadikan olahan makanan atau obat.

Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassallam pun sangat menyukai buah yang tumbuh di tanah tandus ini. Selain itu, kurma juga masih memiliki keistimewaan lainnya.

Baca juga: Benarkah Atmosfer Jadi Pelindung Bumi? Ini Jawaban Alquran dan Sains 

Dikutip dari 'Buku Pintar Sains dalam Alquran Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah' karya Dr Nadiah Thayyarah, kurma memiliki segudang keistimewaan. Misalnya, tumbuh dalam lima fase.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَهُزِّىٓ إِلَيْكِ بِجِذْعِ ٱلنَّخْلَةِ تُسَٰقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا.لِى وَٱشْرَبِى وَقَرِّى عَيْنًا ۖ فَإِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ ٱلْبَشَرِ أَحَدًا فَقُولِىٓ إِنِّى نَذَرْتُ لِلرَّحْمَٰنِ صَوْمًا فَلَنْ أُكَلِّمَ ٱلْيَوْمَ إِنسِيًّا

Wa huzzi ilaiki bijiz'in-nakhlati tusaqit 'alaiki rutaban janiyya. Fa kuli wasyrabi wa qarri 'aina, fa imma tarayinna minal-basyari ahadan fa quli inni nazartu lir-rahmani sauman fa lan ukallimal-yauma insiyya

Artinya: "Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka makan, minum, dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: 'Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini." (QS Maryam: 25–26)

Baca juga: Alquran dan Sains: Miliki Keturunan Ada Kaitannya dengan Tulang Manusia 

Lima fase tersebut yaitu pertumbuhan dan baru matang pada bulan keenam dari pertumbuhannya. Fase pertama disebut hababuk atau sadda, yaitu fase di mana terbentuknya butiran-butiran mayang berisi serbuk bunga yang bulat dan rasanya pahit.

Kemudian di fase kedua adalah tumbuhnya bakal biji mentah yang mulai tumbuh memanjang, berwarna hijau, dan rasanya pahit menyengat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Fase ketiga, kurma mentah tadi mulai berubah warna menjadi kuning kemerahan dan rasanya mulai berubah manis tapi masih bercampur pahit.

Fase keempat, kurma mulai matang dan salah satu sisinya mulai berisi daging buah, berwarna seperti madu, bertekstur lembut, dan rasanya manis seperti gula.

Baca juga: Benarkah Bulan Dahulu Panas seperti Matahari? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

Fase terakhir atau kelima, kurma matang sepenuhnya, warnanya semakin mencolok, dan kulitnya mengelupas.

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menegaskan pula pentingnya buah kurma ketika berbincang dengan Aisyah:

"Wahai Aisyah, jika rumah tak memiliki kurma (sebagai makanan), maka penghuninya akan kelaparan." (HR Muslim)

Baca juga: Jaga Kesehatan, Rasulullah Ajarkan Keseimbangan Pola Makan 

Buah kurma dianggap sebagai bahan makanan yang lengkap karena mengandung karbohidrat, protein, vitamin, dan garam mineral yang merupakan unsur-unsur penentu kualitas buah-buahan.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini