Share

Ini Penjelasan Alquran dan Sains terkait Puasa Membuang Racun di Tubuh

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 17 Agustus 2021 02:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 16 614 2456591 ini-penjelasan-alquran-dan-sains-terkait-puasa-membuang-racun-di-tubuh-KwQozAb9Qg.jpg Ilustrasi puasa bermanfaat membuang racun di dalam tubuh. (Foto: Reuters)

ALQURAN dan sains menjelaskan secara ilmiah terkait puasa bermanfaat membuang racun di dalam tubuh. Selain dari segi kesehatan, puasa juga bisa menambah keimanan dan ketakwaan seorang hamba kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Umat Islam sendiri memang disyariatkan berpuasa, baik puasa wajib di bulan Ramadhan maupun sunah. Berdasarkan ilmu sains, puasa ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya membuang racun di dalam tubuh.

Baca juga: Benarkah Ada Api Menyala di Dasar Lautan? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

Dikutip dari buku 'Alquran vs Sains Modern Menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dan kawan-kawan, ada banyak manfaat puasa yang mungkin tidak banyak diketahui orang.

Puasa bisa mengobati beberapa penyakit tertentu, misalnya radang sendi. Puasa juga membantu seseorang yang sedang sakit agar cepat pulih atau sembuh.

Baca juga: Alquran dan Sains: Lubang Hitam Menarik Cahaya dan Benda-Benda di Langit 

Ketika seseorang berpuasa, tubuhnya akan beristirahat dan racun-racun bakal dikeluarkan dari dalam tubuh, sehingga membantu memulihkan dengan cepat. Puasa juga sangat baik untuk mengubah tingkah laku.

Kemudian puasa juga dapat menghentikan kecanduan alkohol, rokok, dan junkfood yang bila tidak dihentikan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk penyakit tertentu seperti diabetes yang sudah tergantung dengan insulin, tentunya tidak bisa berpuasa karena harus menggunakan insulin secara rutin.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Namun sebenarnya puasa bisa menghidupkan kembali zat insulin dalam tubuh. Untuk penyakit-penyakit seperti tuberkulosis, radang sendi, pencernaan, lupus, dan penyakit kulit, maka puasa sangat membantu proses penyembuhannya.

Terdapat penelitian yang berkaitan dengan efek puasa terhadap menstruasi wanita seperti siklus reproduksi dan lainnya yang ternyata tidak memiliki perubahan apa pun dalam tubuh manusia. Semuanya tidak ada efek negatif dan positif.

Baca juga: Benarkah Matahari Akan Padam? Ini Jawaban Alquran dan Sains 

Jadi, salah jika seseorang mengatakan bahwa puasa memiliki efek penyakit. Dijelaskan pula terkait penelitian pada hewan. Ketika hewan sakit, manusia tidak perlu memberinya makanan apa pun.

Puasa juga bisa meningkatkan masa hidup karena tugas dari alat-alat pencernaan beristirahat. Seperti pada hewan ketika berganti kulit juga mereka berpuasa agar bisa hidup lebih lama.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini