Share

Alquran dan Sains Ungkap Hewan-Hewan yang Memiliki Bahasa Sendiri, Ini Daftarnya

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 23 Agustus 2021 00:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 22 614 2459296 alquran-dan-sains-ungkap-hewan-hewan-yang-memiliki-bahasa-sendiri-ini-daftarnya-Xt5tL8aoEU.jpg Alquran dan sains mengungkap hewan-hewan miliki bahasa sendiri, salah satunya semut. (Foto: Wirestock/Freepik)

ALQURAN dan sains kali ini mengungkap fenomena hewan berbicara dengan manusia. Dalam kehidupan nyata disebutkan ayat-ayat Alquran bahwa ada manusia yang dikaruniai kemampuan berbicara dengan hewan. Siapa lagi kalau bukan Nabi Sulaiman Alaihissallam. Ya, dalam kisah Nabi Sulaiman banyak diceritakan tentang hewan bicara.

Dikutip dari 'Buku Pintar Sains dalam Alquran', Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَاوُودَ ۖ وَقَالَ يَا أَيُّهَا النَّاسُ عُلِّمْنَا مَنْطِقَ الطَّيْرِ وَأُوتِينَا مِنْ كُلِّ شَيْءٍ ۖ إِنَّ هَٰذَا لَهُوَ الْفَضْلُ الْمُبِينُ

Artinya: "Dan Sulaiman telah mewarisi Daud, dan dia berkata: 'Hai Manusia, kami telah diberi pengertian tentang suara burung dan kami diberi segala sesuatu. Sesungguhnya (semua) ini benar-benar suatu kurnia yang nyata'." (QS An-Naml: 16)

Baca juga: Alquran dan Sains Beberkan Proses Ratusan Bintang Mati Setiap Jamnya 

وَحُشِرَ لِسُلَيْمَانَ جُنُودُهُ مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ وَالطَّيْرِ فَهُمْ يُوزَعُونَ

Artinya: "Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung lalu mereka itu diatur dengan tertib (dalam barisan)." (QS An-Naml: 17)

حَتَّىٰ إِذَا أَتَوْا عَلَىٰ وَادِ النَّمْلِ قَالَتْ نَمْلَةٌ يَا أَيُّهَا النَّمْلُ ادْخُلُوا مَسَاكِنَكُمْ لَا يَحْطِمَنَّكُمْ سُلَيْمَانُ وَجُنُودُهُ وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ

Artinya: "Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari." (QS An-Naml: 18)

Ilustrasi bahasa hewan. (Foto: Unsplash)

فَمَكَثَ غَيْرَ بَعِيدٍ فَقَالَ أَحَطْتُ بِمَا لَمْ تُحِطْ بِهِ وَجِئْتُكَ مِنْ سَبَإٍ بِنَبَإٍ يَقِينٍ

Artinya: "Maka tidak lama kemudian (datanglah hud-hud), lalu ia berkata: "Aku telah mengetahui sesuatu yang kamu belum mengetahuinya; dan kubawa kepadamu dari negeri Saba suatu berita penting yang diyakini." (QS An-Naml: 22)

إِنِّي وَجَدْتُ امْرَأَةً تَمْلِكُهُمْ وَأُوتِيَتْ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ وَلَهَا عَرْشٌ عَظِيمٌ

Artinya: "Sesungguhnya aku menjumpai seorang wanita yang memerintah mereka, dan dia dianugerahi segala sesuatu serta mempunyai singgasana yang besar." (QS An-Naml: 23)

Baca juga: Apa Saja Keajaiban Buah Zaitun? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

Apabila ditelaah, ayat-ayat tersebut menunjukkan bahwa sesungguhnya hewan memiliki bahasa sendiri untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lain.

Jadi, setiap spesies hewan berkomunikasi satu sama lainnya menggunakan bahasa masing-masing. Tidak menutup kemungkinan manusia yang dikaruniai kelebihan memahami bahasa hewan dapat bicara dengan mereka.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Berikut adalah hewan-hewan yang dapat berkomunikasi dengan bahasanya sendiri:

1. Semut

Semut berkomunikasi satu sama lain dengan cara menari dan berputar-putar. Misalnya, semut berkomunikasi untuk menunjukkan lokasi bunga-bunga yang ada di tempat tertentu dengan jarak secara pasti kepada sekelompok semut yang lain.

Selain itu, jika menemukan lokasi makanan, seekor semut akan kembali ke sarangnya. Tidak lama kemudian, terlihat sekelompok semut berbondong-bondong menuju lokasi tersebut. Hal itu menunjukkan bahwa mereka memiliki bahasa sebagai alat komunikasi di antara sejenisnya.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Ada 4 Jenis Jiwa dalam Diri Manusia 

2. Ayam

Jika ayam hutan bertelur, maka akan tertinggal beberapa saat dari rombonganya. Ketika telah selesai bertelur, ayam berkokok dengan keras sehingga bisa terdengar oleh rombongannya. Ayam jantan yang ada di dalam rombongan segera berkokok dengan suara kencang untuk menunjukkan posisi mereka kepada ayam betina yang bertelur itu.

3. Burung pencari madu

Burung pencari madu akan berkicau kencang dengan kicauan khusus bilamana menemukan madunya. Melalui kicauan itu, burung-burung sejenis yang ada di sekitar tempat tersebut bisa menemukan dirinya untuk menyantap madu bersama-sama.

Tahukah Anda bahwa para pakar telah melalui waktu betahun-tahun untuk mendengarkan suara-suara hewan? Ya, terdengar cukup aneh memang. Namun dari situlah seorang ilmuwan berhasil merekam 15 kata dari kucing, dan ada juga ilmuwan yang merekam 6 kata dari kuda, bahkan ada yang sampai berhasil merekam 7 kata dari ayam jago lho.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini