Ini Hal-Hal yang Jarang Diketahui dari Surah Al Fatihah

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Kamis 26 Agustus 2021 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 330 2461375 ini-hal-hal-yang-jarang-diketahui-dari-surah-al-fatihah-wmcxO2zFtj.jpg Ilustrasi Surah Al Fatihah di dalam kitab suci Alquran. (Foto: Shutterstock)

TERNYATA ada beberapa hal yang jarang diketahui kaum Muslimin dari Surah Al Fatihah. Mulai dari penamaannya hingga kandungan dalam surah tersebut.

Berikut ini hal-hal yang jarang diketahui banyak orang dari Surah Al Fatihah, sebagaimana dirangkum dari kanal YouTube Rumaysho, Kamis (26/8/2021).

Baca juga: Alquran dan Sains Beberkan Bukti-Bukti Pemuda Ashabul Kahfi Tidur 309 Tahun di Gua 

1. Kenapa disebut Al Fatihah?

Al Fatihah artinya 'pembuka'. Surah Al Fatihah disebut demikian karena surah inilah yang membuka Alquran al Karim. Adapula yang mengatakan bahwa surah inilah yang turun pertama kali secara utuh.

Para ulama menyebut Surah Al Fatihah berisi makna Alquran secara keseluruhan. Di dalamnya ada kandungan tauhid, hukum, jaza' (balasan), jalan hidup bani adam, dan selainnya.

Itulah kenapa Surah Al Fatihah disebut dengan ummul Quran atau induknya Alquran, karena tempat kembali sesuatu disebut umm (induk).

Ilustrasi Surah Al Fatihah dalam Alquran. (Foto: Shutterstock)

2. Rukun sholat

Surah Al Fatihah merupakan rukun sholat karena Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wassallam sampai menyatakan bahwa tidak ada sholat bagi yang tidak membaca Al Fatihah. Padahal, sholat adalah rukun Islam yang paling utama.

Baca juga: Alquran dan Sains: Bulan "Bertanggung Jawab" Terjadinya Pasang Surut Air Laut 

3. Disebut juga ruqyah

Surah Al Fatihah disebut pula dengan ruqyah. Artinya jika surah ini dibacakan kepada orang sakit akan sembuh dengan izin Allah Azza wa jalla.

Sebagaimana hal ini terdapat dalam kisah para sahabat yang meruqyah seorang tokoh ketika mereka mampir. Mereka menggunakan Surah Al Fatihah sebagai bacaan ruqyah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Bid'ah tentang Surah Al Fatihah

Ada banyak orang yang jarang mengetahui tentang bid'ah Surah Al Fatihah. Syekh Ibnu 'Utsaimin Rahimahullah mengatakan, "Di antara bentuk bid'ah yang dilakukan terkait Surah Al Fathihah adalah surah ini terus dijadikan bacaan penutup setelah doa."

"Juga dijadikan pendahuluan sebelum khotbah. Juga dibaca pada acara-acara tertentu, yaitu ada yang mengatakan bacalah Al Fatihah. Seperti ini keliru, karena ibadah itu harus dibangun di atas dalil dan mengikuti petunjuk Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam," lanjutnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Alquran dan Sains: Bulan Dahulu Bersinar Layaknya Matahari Kemudian Mati 

Kitab suci Alquran. (Foto: Unsplash)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya