Penyakit Apa Saja yang Bisa Diobati dengan Puasa? Ini Penjelasan Alquran dan Sains

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 04 September 2021 00:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 03 614 2465920 penyakit-apa-saja-yang-bisa-diobati-dengan-puasa-ini-penjelasan-alquran-dan-sains-n04nczjzeR.jpg Alquran dan sains mengungkap ada banyak penyakit yang bisa diobati dengan puasa. (Foto: Shutterstock)

ALQURAN dan sains mengungkap penyakit-penyakit yang bisa diobati dengan melakukan ibadah puasa. Ini membuktikan bahwa puasa merupakan amalan salih penuh manfaat.

Puasa sendiri merupakan ibadah wajib yang dilakukan umat Islam selama bulan Ramadhan. Tidak hanya menahan haus dan lapar, ibadah puasa ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Mau Buang Racun di Tubuh? Ini Solusi Praktis dari Alquran dan Sains 

Dikutip dari buku 'Alquran vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dan kawan-kawan, diterangkan bahwa ada banyak manfaat puasa yang mungkin tidak diketahui orang-orang. Puasa ternyata bisa mengobati beberapa penyakit tertentu, salah satunya radang sendi.

Puasa. (Foto: Shutterstock)

Selain itu, menjalankan ibadah puasa juga bisa membantu seseorang yang sedang sakit agar cepat pulih dan fit kembali.

Baca juga: Alquran dan Sains Ungkap Bawang Putih Obat dari Puluhan Penyakit 

Khusus untuk penyakit tertentu, seperti diabetes yang sudah tergantung dengan insulin, tentunya tidak bisa berpuasa sebab diharuskan menggunakan insulin secara rutin. Akan tetapi, puasa bisa menghidupkan kembali zat insulin dalam tubuh.

Teruntuk penyakit-penyakit seperti tuberkolosis, radang sendi, pencernaan, lupus, dan penyakit kulit; dengan berpuasa maka akan membantu proses penyembuhannya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara itu, dikutip dari laman Healthline, puasa juga dapat membantu meredakan peradangan. Lalu puasa bisa membantu mencegah gangguan neurodegeneratif.

Baca juga: Tambang Emas Terbentang Luas di Dasar Laut? Ini Penjelasan Alquran dan Sains 

Secara khusus, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa puasa dapat melindungi dan meningkatkan hasil untuk kondisi seperti penyakit alzheimer serta parkinson.

Oleh karena itu, puasa telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari penurunan berat badan hingga fungsi otak yang lebih baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya