Doa Berangkat Sekolah agar Selamat Sampai Tujuan

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 24 September 2021 09:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 618 2476139 doa-berangkat-sekolah-agar-selamat-sampai-tujuan-xXz9memmEN.jpg Ilustrasi doa berangkat sekolah. (Foto: Okezone)

DOA berangkat sekolah hendaknya dibaca setiap siswa/siswi sebelum beraktivitas menimba ilmu. Tujuannya agar selalu selamat sampai tujuan sekolah dan mendapat keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Sebagaimana dirangkum dari aplikasi Apa Doanya, Jumat (24/9/2021), ada beberapa hadis sahih yang menganjurkan agar Muslimin menyebut nama Allah Subhanahu wa ta'ala ketika keluar rumah atau berangkat sekolah dan ke mana pun. Setan jadi tidak bisa mengganggu dalam perjalanan.

Baca juga: Doa Menghadapi Ujian Sekolah, Lengkap Terjemahan dan Artinya 

Doa Berangkat Sekolah 1

بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Bismillaah, tawakkaltu 'alallaah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya: "Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah." (HR Abu Daud Nomor 5095, Turmudzi 3426, dan disahihkan Al Albani)

Ilustrasi doa berangkat sekolah. (Foto: Okezone)

Baca juga: Doa untuk Meluluhkan Hati Seseorang 

Dalam hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menjelaskan keutamaan doa ini, "Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca 'Bismillaah, tawakkaltu 'alallaah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah', maka disampaikan kepadanya, 'Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.' Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, 'Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi'."

Makna "disampaikan kepadanya" yang menyampaikan adalah Malaikat. Malaikat itu mengatakan kepada orang yang membaca doa ini ketika keluar rumah, "Wahai hamba Allah, kamu telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi." (Tuhfatul Ahwadzi, Syarh Sunan Turmudzi, 9/271)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Doa Berangkat Sekolah 2

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ، أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ، أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ، أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ

Allaahumma innii a'uudzu bika an adhilla au udholla, au azilla au uzalla, au azhlima au uzhlama, au ajhala au yujhala 'alayya

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu, jangan sampai aku sesat atau disesatkan (setan atau orang yang berwatak setan), berbuat kesalahan atau disalahi, menganiaya atau dianiaya (orang), dan berbuat bodoh atau dibodohi." (HR Abu Dawud Nomor 5094, Nasai 5486, Ibnu Majah 3884, dan disahihkan Al Albani)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Doa Berbuka Puasa Senin Kamis, Jangan Lupa Awali dengan Bismillah 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya