10 Keutamaan Surat Az-Zumar yang Wajib Diketahui Setiap Muslim

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 26 September 2021 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 26 330 2477035 10-keutamaan-surat-az-zumar-yang-wajib-diketahui-setiap-muslim-vorw0kPIlE.jpg Ilustrasi keutamaan Surat Az-Zumar. (Foto: Afshad/Pixabay)

KEUTAMAAN Surat Az-Zumar hendaknya diketahui setiap Muslim. Sebab dengan mengetahuinya akan membuat lebih mendalami ketika membacanya.

Surat Az-Zumar merupakan surat ke-39 dalam kitab suci Alquran. Surat ini terdiri dari 75 ayat dan termasuk golongan surat Makkiyyah atau diturunkan di Kota Makkah, Arab Saudi.

Terdapat berbagai faedah yang terkandung di dalam Surat Az-Zumar yang dapat kaum Muslimin implementasikan dalam kehidupan sehari-hari agar mendapat keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Rizka Lestari, berikut 10 keutamaan Surat Az-Zumar.

Baca juga: Alquran dan Sains Beberkan Asal-usul Besi, Tertulis Lengkap di Surah Al Hadid 

1. Menjabarkan keimanan

Keutamaan Surat Az-Zumar yang pertama ialah menjabarkan keimanan manusia kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Sebagaimana terdapat dalam ayat ketiga berikut ini.

اَلَا لِلّٰهِ الدِّيْنُ الْخَالِصُ ۗوَالَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا مِنْ دُوْنِهٖٓ اَوْلِيَاۤءَۘ مَا نَعْبُدُهُمْ اِلَّا لِيُقَرِّبُوْنَآ اِلَى اللّٰهِ زُلْفٰىۗ اِنَّ اللّٰهَ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ فِيْ مَا هُمْ فِيْهِ يَخْتَلِفُوْنَ ەۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يَهْدِيْ مَنْ هُوَ كٰذِبٌ كَفَّارٌ

Artinya: "Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allah (berkata): 'Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya.' Sesungguhnya Allah akan memutuskan di antara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar." (QS Az-Zumar: 3)

2. Allah Ta'ala pemilik alam semesta

Surat Az-Zumar menjelaskan secara tegas bahwa Allah Subhanahu wa ta'ala merupakan pemilik alam semesta dan segala isinya sebagaimana keutamaan malam Jumat dalam Islam. Hal tersebut secara jelas dijabarkan dalam isi kandungan Surat Az Zumar Ayat 5 berikut ini:

خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِالْحَقِّ ۖ يُكَوِّرُ اللَّيْلَ عَلَى النَّهَارِ وَيُكَوِّرُ النَّهَارَ عَلَى اللَّيْلِ ۖ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۖ كُلٌّ يَجْرِي لِأَجَلٍ مُسَمًّى ۗ أَلَا هُوَ الْعَزِيزُ الْغَفَّارُ

Artinya: "Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun." (QS Az-Zumar: 5)

Baca juga: Mengapa Terjadi Hujan Meteor? Ini Jawaban Alquran dan Sains 

3. Kehidupan setelah kematian

Dalam Islam, kita mengenal kehidupan setelah adanya kematian. Tentunya ini menyiratkan bahwa manusia akan kembali dibangkitkan usai kematian dan mempertanggungjawabkan semua perbuatan yang dilakukan selama hidup di dunia. Sebagaimana terdapat dalam kandungan Surat Az-Zumar Ayat 30–31 berikut ini:

اِنَّكَ مَيِّتٌ وَّاِنَّهُمْ مَّيِّتُوْنَ ۖ

Artinya: "Sesungguhnya engkau (Muhammad) akan mati dan mereka akan mati (pula)." (QS Az-Zumar: 30)

ثُمَّ إِنَّكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ عِنْدَ رَبِّكُمْ تَخْتَصِمُونَ

Artinya: "Kemudian sesungguhnya kamu pada hari Kiamat akan berbantah-bantahan di hadapan Tuhanmu." (QS Az-Zumar: 31)

4. Setiap manusia akan diminta pertanggungjawaban atas perbuatannya

Setiap manusia akan dimintai tanggung jawab atas segala perbuatan yang pernah dilakukannya saat hidup di dunia. Setiap bagian tubuh akan dimintai kesaksiaannya.

Sehingga tentu hal ini harus memotivasi Anda untuk selalu berbuat kebaikan di dunia. Agar kelak memperoleh balasan yang baik atas perbuatan tersebut. Sebagaimana terkandung dalam Surat Az-Zumar Ayat 32–35.

فَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنْ كَذَبَ عَلَى اللّٰهِ وَكَذَّبَ بِالصِّدْقِ اِذْ جَاۤءَهٗۗ اَلَيْسَ فِيْ جَهَنَّمَ مَثْوًى لِّلْكٰفِرِيْنَ

Artinya: "Maka siapakah yang lebih zalim daripada orang yang membuat-buat kebohongan terhadap Allah dan mendustakan kebenaran yang datang kepadanya? Bukankah di neraka jahanam tempat tinggal bagi orang-orang kafir?" (QS Az-Zumar: 32)

وَالَّذِيْ جَاۤءَ بِالصِّدْقِ وَصَدَّقَ بِهٖٓ اُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُتَّقُوْنَ

Artinya: "Dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad) dan orang yang membenarkannya, mereka itulah orang yang bertakwa." (QS Az-Zumar: 33)

لَهُمْ مَّا يَشَاۤءُوْنَ عِنْدَ رَبِّهِمْ ۗ ذٰلِكَ جَزَاۤءُ الْمُحْسِنِيْنَۚ

Artinya: "Mereka memperoleh apa yang mereka kehendaki di sisi Tuhannya. Demikianlah balasan bagi orang-orang yang berbuat baik." (QS Az-Zumar: 34)

لِيُكَفِّرَ اللّٰهُ عَنْهُمْ اَسْوَاَ الَّذِيْ عَمِلُوْا وَيَجْزِيَهُمْ اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ الَّذِيْ كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Artinya: "Agar Allah menghapus perbuatan mereka yang paling buruk yang pernah mereka lakukan dan memberi pahala kepada mereka dengan yang lebih baik daripada apa yang mereka kerjakan." (QS Az-Zumar: 35)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

5. Bagi mereka yang bertobat akan mendapat ampunan dari Allah Ta'ala

Allah Subhanahu wa ta'ala adalah Maha Pemurah lagi Maha Pengampun, maka itu seberapa besar pun dosa yang telah diperbuat oleh manusia maka jangan sekalipun berputus asa dari rahmat Allah Ta'ala. Sebab, Allah Ta'ala menjanjikan ampunan bagi mereka yang bertobat dengan sungguh-sungguh. Sebagaimana terkandung dalam Surat Az Zumar Ayat 53:

قُلْ يٰعِبَادِيَ الَّذِيْنَ اَسْرَفُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوْا مِنْ رَّحْمَةِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ جَمِيْعًا ۗاِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Artinya: "Katakanlah, 'Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang'." (QS Az-Zumar: 53)

Baca juga: Mengapa Surat At-Taubah Tidak Dimulai dengan Basmalah? 

6. Menjabarkan kedasyatan hari kiamat

Dalam salah satu rukum iman terdapat iman kepada hari akhir, sehingga sebagai umat Islam, kita harus memercayai akan adanya hari akhir. Untuk menjelaskan hal tersebut, maka dalam Surat Az-Zumar Ayat 68 dijelaskan hal ini:

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ

Artinya: "Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing)." (QS Az-Zumar: 68)

7. Gambaran kaum musyrik

Dalam Surat Az Zumar Ayat 8 juga digambarkan bagaimana kondisi kaum musyrik:

وَاِذَا مَسَّ الْاِنْسَانَ ضُرٌّ دَعَا رَبَّهٗ مُنِيْبًا اِلَيْهِ ثُمَّ اِذَا خَوَّلَهٗ نِعْمَةً مِّنْهُ نَسِيَ مَا كَانَ يَدْعُوْٓا اِلَيْهِ مِنْ قَبْلُ وَجَعَلَ لِلّٰهِ اَنْدَادًا لِّيُضِلَّ عَنْ سَبِيْلِهٖ ۗ قُلْ تَمَتَّعْ بِكُفْرِكَ قَلِيْلًا ۖاِنَّكَ مِنْ اَصْحٰبِ النَّارِ

Artinya: "Dan apabila manusia ditimpa bencana, dia memohon (pertolongan) kepada Tuhannya dengan kembali (taat) kepada-Nya; tetapi apabila Dia memberikan nikmat kepadanya dia lupa (akan bencana) yang pernah dia berdoa kepada Allah sebelum itu, dan diadakannya sekutu-sekutu bagi Allah untuk menyesatkan (manusia) dari jalan-Nya. Katakanlah, 'Bersenang-senanglah kamu dengan kekafiranmu itu untuk sementara waktu. Sungguh, kamu termasuk penghuni neraka'." (QS Az-Zumar: 8)

Baca juga: Kandungan Surat Sad Ayat 27, Penciptaan Langit dan Bumi serta Azab Orang Kafir 

8. Perbedaan muka kaum musyrik dan mukmin

Saat tibanya hari kebangkitan, maka semua manusia akan dibangkitkan dari kubur untuk dikumpulkan di Padang Masyar. Saat itu akan bisa dilihat perbedaan seorang mukmin dan kafir dari cahaya wajah yang dipancarkan. Hal ini juga dijelaskan dalam Surat Az-Zumar Ayat 24:

اَفَمَنْ يَّتَّقِيْ بِوَجْهِهٖ سُوْۤءَ الْعَذَابِ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ ۗوَقِيْلَ لِلظّٰلِمِيْنَ ذُوْقُوْا مَا كُنْتُمْ تَكْسِبُوْنَ

Artinya: "Maka apakah orang-orang yang melindungi wajahnya menghindari azab yang buruk pada hari Kiamat (sama dengan orang mukmin yang tidak kena azab)? Dan dikatakan kepada orang-orang yang zalim, 'Rasakanlah olehmu balasan apa yang telah kamu kerjakan'." (QS Az-Zumar: 24)

9. Alquran petunjuk sempurna bagi umat manusia

Alquran merupakan kitab suci umat Islam yang didalamnya berisi petunjuk kepada umat manusia. Sebagaimana dalam kandungan Surat Az-Zumar Ayat 1–2:

تَنْزِيْلُ الْكِتٰبِ مِنَ اللّٰهِ الْعَزِيْزِ الْحَكِيْمِ

Artinya: "Kitab (Alquran) ini diturunkan oleh Allah Yang Maha Mulia, Maha Bijaksana." (QS Az-Zumar: 1)

اِنَّآ اَنْزَلْنَآ اِلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ فَاعْبُدِ اللّٰهَ مُخْلِصًا لَّهُ الدِّيْنَۗ

Artinya: "Sesungguhnya Kami menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) dengan (membawa) kebenaran. Maka sembahlah Allah dengan tulus ikhlas beragama kepada-Nya." (QS Az-Zumar: 2)

Baca juga: Kandungan Surat As Saffat Ayat 102, Ujian Berat Nabi Ibrahim dan Ismail 

10. Keberadaan surga dan neraka

Dalam Surat Az-Zumar, Allah Subhanahu wa ta'ala juga menjelaskan keberadaan surga dan neraka sebagaimana tertuang pada ayat 19–20:

اَفَمَنْ حَقَّ عَلَيْهِ كَلِمَةُ الْعَذَابِۗ اَفَاَنْتَ تُنْقِذُ مَنْ فِى النَّارِ

Artinya: "Maka apakah (engkau hendak mengubah nasib) orang-orang yang telah dipastikan mendapat azab? Apakah engkau (Muhammad) akan menyelamatkan orang yang berada dalam api neraka?" (QS Az-Zumar: 19)

لٰكِنِ الَّذِيْنَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ لَهُمْ غُرَفٌ مِّنْ فَوْقِهَا غُرَفٌ مَّبْنِيَّةٌ ۙتَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ ەۗ وَعْدَ اللّٰهِ ۗ لَا يُخْلِفُ اللّٰهُ الْمِيْعَادَ

Artinya: "Tetapi orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya, mereka mendapat kamar-kamar (di surga), di atasnya terdapat pula kamar-kamar yang dibangun (bertingkat-tingkat), yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. (Itulah) janji Allah. Allah tidak akan memungkiri janji(-Nya)." (QS Az-Zumar: 20)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Malam Jumat Disunahkan Baca Surah Al Kahfi, Simak Keutamaannya 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya