Besok Puasa Senin Kamis Bertepatan dengan Ayyamul Bidh, Ini Keutamaannya

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Rabu 20 Oktober 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 20 330 2488990 besok-puasa-senin-kamis-bertepatan-dengan-ayyamul-bidh-ini-keutamaannya-NmL68DOT0b.jpg Ilustrasi puasa Senin Kamis bertepatan dengan puasa ayyamul bidh. (Foto: Freepik)

PUASA Senin Kamis pekan ini bertepatan dengan puasa ayyamul bidh Oktober 2021. Kaum Muslimin pun dianjurkan jangan melewatkannya karena bisa meraih keutamaan berlipat yang sangat besar.

Puasa ayyamul bidh sendiri disebut juga puasa hari-hari putih. Sebab saat pelaksanaannya, bulan di langit sedang bersinar sangat terang atau tampak lebih putih dari biasanya.

Baca juga: Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Oktober 2021, Ketahui Niat dan Keistimewaannya 

Puasa sunah ayyamul bidh memiliki keutamaan yang sangat besar. Pahala yang diberikan Allah Subhanahu wa ta'ala untuk orang yang menunaikannya sama seperti melakukan puasa sepanjang tahun.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadis sahih dari riwayat Abdullah bin Amr bin Al Ash, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

صَوْمُ ثَلاَثَةِ أَيَّامٍ صَوْمُ الدَّهْرِ كُلِّهِ

Artinya: "Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun." (HR Bukhari Nomor 1979)

Baca juga: Wajib Tahu, 5 Keutamaan Puasa Senin Kamis yang Selalu Dikerjakan Rasulullah 

Kemudian dalam riwayat dari Abu Dzar, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

Artinya: "Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan hijriah)." (HR Tirmidzi Nomor 761 dan An Nasai Nomor 2425. Abu Isa Tirmidzi mengatakan bahwa hadis ini hasan)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara puasa Senin Kamis adalah salah satu amal salih yang selalu dikerjakan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Alasannya, hari Senin dan Kamis adalah waktu dihadapkannya amalan umat Islam kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Mantap Pakai Hijab, Mualaf Cantik Amerika Ini Hadapi Cobaan Tak Terduga 

Dalam riwayat hadis dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: "Berbagai amalan dihadapkan (kepada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa."

(HR Tirmidzi Nomor 747. At-Tirmidzi mengatakan bahwa hadis ini hasan ghorib. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadis ini hasan. Syekh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih lighoirihi yaitu sahih dilihat dari jalur lainnya).

Baca juga: Inspirasi 20 Nama Anak Islami Berawal I Miliki Makna Kuat hingga Unggul 

Kemudian dalam hadis riwayat dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

Artinya: "Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan 10 kebaikan yang semisal hingga 700 kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), 'Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi'." (HR Muslim Nomor 1151)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Ustadz Khalid Basalamah Ungkap 3 Jenis Mimpi Menurut Ajaran Islam, Apa Saja? 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya