Share

5 Keutamaan Sholat Tahajud, Bisa Jadi Sebab Masuk Surga

Hantoro, Jurnalis · Selasa 30 November 2021 06:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 330 2509362 5-keutamaan-sholat-tahajud-bisa-jadi-sebab-masuk-surga-5SRrEBnnuU.jpg Ilustrasi keutamaan sholat tahajud. (Foto: Freepik)

SALAH satu amal salih yang memiliki pahala besar adalah sholat tahajud. Ibadah sunah ini dikerjakan pada sepertiga malam atau dini hari. Sholat malam ini hukumnya sunah muakkad atau sangat dianjurkan.

Waktu sholat tahajud dimulai setelah Sholat Isya hingga sebelum waktu sholat shubuh. Namun waktu yang paling utama adalah sepertiga malam yang terakhir dan boleh dikerjakan sesudah tidur ataupun sebelumnya.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Selasa 30 November 2021M/24 Rabiul Akhir 1443H 

Jumlah rakaat sholat tahajud paling sedikit adalah 1 rakaat berdasarkan sabda Rasulullah Shalallohu ‘alaihi wassallam, "Sholat malam adalah 2 rakaat (salam), 2 rakaat (salam), apabila salah seorang di antara kamu khawatir akan datangnya waktu subuh maka hendaklah dia sholat 1 rakaat sebagai witir baginya." (HR Bukhari dan Muslim)

Lalu jumlah yang paling banyak adalah 11 rakaat berdasarkan riwayat Aisyah radhiyallohu ‘anha, "Tidaklah Rasululloh Shalallohu ‘alaihi wassallam sholat malam di bulan Ramadhan ataupun bulan yang lainnya lebih dari 11 rakaat." (HR Bukhari dan Muslim), walaupun mayoritas ulama menyatakan tidak ada batasan dalam jumlah rakaatnya.

Berikut ini sedikitnya lima keutamaan menunaikan sholat tahajud menurut Ustadz Abu abdillah Rudi Agus H, sebagaimana dikutip dari laman Muslim.or.id, Selasa (30/11/2021).

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini, Selasa 30 November 2021M/24 Rabiul Akhir 1443H 

1. Penghapus dosa dan kesalahan

Rasulullah Sholallohu ‘alaihi wassallam bersabda, "Hendaklah kalian melakukan sholat malam, karena sholat malam itu adalah kebiasaan orang-orang salih sebelum kalian, dan ibadah yang mendekatkan diri pada Tuhan kalian serta penutup kesalahan dan sebagai penghapus dosa." (HR At-Tirmidzi, dihasankan oleh Al Albani)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

2. Sebab masuk surga

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassallam bersabda, "Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan dan sholatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat." (HR Ibnu Majah, disahihkan oleh Al Albani)

Baca juga: Ketika Gus Dur Menelepon Tidak Dikenali sebagai Presiden: Abdurrahman Wahid Siapa? 

3. Menaikkan derajat di surga

Rasulullah Shalallohu ‘alaihi wassallam bersabda, "Sungguh di dalam surga tedapat kamar-kamar yang bagian dalamnya terlihat dari luar dan bagian luarnya terlihat dari dalam. Kamar-kamar itu Allah sediakan bagi orang yang memberi makan, melembutkan perkataan, mengiringi puasa Ramadhan (dengan puasa sunah), menebarkan salam, dan mengerjakan sholat malam ketika manusia lain terlelap tidur." (HR At-Tirmidzi, dihasankan oleh Al Albani)

4. Kemulian orang yang beriman dengan sholat malam

Ketika Malaikat Jibril datang kepada Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassallam lalu berkata, "Hai Muhammad, kemuliaan orang beriman adalah dengan sholat malam. Dan kegagahan orang beriman adalah sikap mandiri dari bantuan orang lain." (HR Al Hakim, dihasankan oleh Al Albani)

Baca juga: Doddy Sudrajat Minta Harta Vanessa Angel dan Bibi Dipisah, Ini Hukum Pembagian Waris Menurut Islam 

5. Sholat yang paling utama setelah sholat fardhu

Rasulullah Shalallohu ‘alaihi wassallam bersabda, "Sholat yang paling utama setelah sholat wajib adalah sholat malam." (HR Muslim)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini