Kasus Varian Omicron Ditemukan di Arab Saudi, Jadi yang Pertama dari Afrika Utara

Hasyim Ashari, Jurnalis · Kamis 02 Desember 2021 09:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 02 614 2510646 kasus-varian-omicron-ditemukan-di-arab-saudi-jadi-yang-pertama-di-negara-afrika-utara-NwVHXxperu.jpg Ilustrasi pencegahan covid-19 varian omicron di Arab Saudi. (Foto: Saudigazette)

KASUS covid-19 varian omicron dilaporkan ditemukan di Arab Saudi. Ini pun menjadi kasus yang pertama di negara Afrika Utara. Demikian dilaporkan kantor berita SPA.

Dikutip dari Channel News Asia, Kamis (2/12/2021), Kementerian Kesehatan Arab Saudi menyatakan pihak berwenang telah mengisolasi orang yang terinfeksi covid-19 varian omicron tersebut. Demikian juga terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengan si penderita.

Baca juga: Varian Omicron Bahayakan Jamaah Umrah, Ini Antisipasi dari Menag 

Info grafis varian omicron covid-19. (Foto: Okezone)

Ini adalah kasus pertama varian omicron yang dilaporkan di Timur Tengah dan Afrika Utara. Kementerian menyatakan orang yang terinfeksi tersebut adalah warga negara Arab Saudi dan baru saja melakukan perjalanan dari negara Afrika Utara.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Senin lalu memperingatkan bahwa varian omicron yang mudah bermutasi kemungkinan menyebar secara luas di dunia. Ini bisa menimbulkan risiko lonjakan infeksi yang sangat tinggi.

Baca juga: Kemenag RI dan Kemenhaj Saudi Bahas Teknis Umrah, Ini Skenarionya 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Oleh karena itu, Kementerian Saudi mendesak orang-orang untuk menyelesaikan vaksinasi dan memerintahkan para pendatang untuk menghormati aturan isolasi diri dan tes swab.

Varian omicron pertama kali dilaporkan muncul pada 24 November 2021 di Afrika Selatan, dan infeksinya terus meningkat tajam. Sejak itu menyebar ke lebih dari beberapa negara, banyak di antaranya telah memberlakukan pembatasan perjalanan untuk melindungi diri.

Baca juga: Menag Umumkan Penerbangan dari Indonesia Kini Bisa Langsung ke Arab Saudi 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya