Alquran Surah Al Baqarah Ayat 1-286 Lengkap Bacaan Latin serta Artinya

Hantoro, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 08:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 614 2512439 alquran-surah-al-baqarah-ayat-1-286-lengkap-bacaan-latin-serta-artinya-Y8OVeJfGCm.jpg Ilustrasi Alquran Surah Al Baqarah Ayat 1-286. (Foto: Shutterstock)

SURAH Al Baqarah sudah cukup dikenal semua umat Islam. Al Baqarah merupakan surah kedua di dalam kitab suci Alquran dan memiliki arti "Sapi Betina". Surah ini berisi 286 ayat dan termasuk golongan Madaniyyah atau diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam ketika hijrah di Kota Madinah, Arab Saudi. Selengkapnya bisa buka di Alquran Digital Okezone.

Dikutip dari laman Almanhaj, Senin (6/12/2021), ada banyak keutamaan Surah Al Baqarah. Ustadz Abdullah bin Taslim al Buthoni MA menjelaskan:

عَنْ أَبِيْ أُمَامَةَ الْبَاهِلِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: اقْرَؤُوا سُورَةَ الْبَقَرَةِ فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ وَتَرْكَهَا حَسْرَةٌ وَلا يَسْتَطِيعُهَا الْبَطَلَةُ رواه مسلم

"Dari Abu Umamah al Bahili Radhiyallahu anhu dia berkata, 'Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda: Bacalah Surah Al Baqarah karena sesungguhnya selalu menetapinya mendatangkan keberkahan, sedangkan meninggalkannya akan mengakibatkan penyesalan, dan para tukang sihir tidak akan mampu melakukannya'." (HR Muslim Nomor 804)

Baca juga: Alquran Surah Al Kahfi Ayat 1-110 Lengkap Bacaan Latin dan Artinya 

Hadis tersebut menunjukkan besarnya keutamaan membaca dan merenungkan Surah Al Baqarah, sehingga Imam An-Nawawi rahimahullah mencantumkan hadis ini dalam bab 'Keutamaan Membaca Alquran dan Membaca Surah Al Baqarah'. (Kitab Syarhu Shahiih Muslim, 6/89)

Beberapa faedah yang dapat diambil dari hadis tersebut adalah:

- Hal yang dimaksud dengan selalu menetapi surah ini adalah merutinkan membacanya, memahami kandungan dan mengamalkannya. (Lihat kitab Faidhul Qadiir, 2/63)

- Arti 'meninggalkannya akan mengakibatkan penyesalan' adalah penyesalan dan kerugian karena luputnya pahala dan keutamaan yang agung dengan selalu menetapinya. (Lihat kitab Faidhul Qadiir, 2/63)

Baca juga: Cerita Gus Dur Kecil Ditanya Tanggal Lahir, Jawabnya Malah "Jombang" 

- Adapun makna 'para tukang sihir tidak akan mampu melakukannya' yaitu mereka tidak akan mampu menghafal surah ini, atau mereka tidak akan mampu mengganggu orang yang selalu membacanya. (Lihat kitab Tafsir Ibnu Katsir, 1/57)

- Kata Al Bathalah (para pelaku kebatilan atau kerusakan) dalam hadits ini artinya adalah para pelaku sihir, sebagaimana yang ditafsirkan oleh salah seorang rawi hadits ini (lihat kitab Shahih Muslim, 1/553), dan penafsiran ini benar, karena mereka adalah orang-orang yang selalu berbuat syirik dan kerusakan di muka bumi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Di antara banyak keutamaan Surah Al Baqarah dalam hadis-hadis shahih yang lain di antaranya:

1. Menjauhkan rumah dan anggota keluarga dari keburukan dan tipu daya setan.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

لاَ تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيْهِ سُوْرَةُ الْبَقَرَةِ

"Janganlah kamu menjadikan rumahmu (seperti) kuburan (dengan tidak pernah mengerjakan sholat dan membaca Alquran di dalamnya), sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibaca di dalamnya Surah Al Baqarah (HR Muslim Nomo 780). Dalam lafazh riwayat At-Tirmidzi: "… Sesungguhnya syaitan tidak akan masuk ke rumah yang dibaca di dalamnya surat al-Baqarah." (HR At-Tirmidzi, 5/157, dinyatakan shahih oleh Imam At-Tirmidzi dan Syekh al Albani)

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Alquran dan Sains Ungkap Gunung Selalu Bergerak Dinamis 

2. Di dalam surah ini terdapat ayat Al Kursi yang merupakan ayat paling agung dalam Alquran.

Dari Ubay bin Ka’ab Radhiyallahu anhu beliau berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda (kepadaku):

يَا أَبَا الْمُنْذِرِ أَتَدْرِي أَيَّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللهِ مَعَكَ أَعْظَمُ قَالَ قُلْتُ اللهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ قَالَ فَضَرَبَ فِي صَدْرِي وَقَالَ وَاللهِ لِيَهْنِكَ الْعِلْمُ أَبَا الْمُنْذِرِ

"Wahai Abul Mundzir, apakah kamu mengetahui ayat apakah yang paling agung dalam Alquran yang ada padamu (yang kamu hafal)? Maka aku berkata: '(Ayat al Kursi) Allah tidak ada sembahan yang benar kecuali Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri sendiri dan menegakkan makhluk-Nya …" (QS Al Baqarah: 255). Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam menepuk dadaku dan bersabda: "Demi Allah, ilmu akan menjadi kesenangan bagimu, wahai Abul Mundzir." (HR Muslim Nomor 810)

Baca juga: Apa Manfaat Doa Sebelum Berhubungan Suami Istri? Ini Kata Ustadz Khalid Basalamah 

3. Dua ayat terakhir dari Surah Al Baqarah merupakan sebab dicukupkannya seorang hamba dari segala keburukan dan dimudahkan baginya banyak kebaikan (Lihat kitab Faidhul Qadiir, 6/197).

Dari Abu Mas’ud al Badri Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:

الْآيَتَانِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ مَنْ قَرَأَهُمَا فِي لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

"Dua ayat terakhir dari Surah Al Baqarah, barang siapa yang membacanya di malam hari maka dua ayat tersebut akan mencukupi baginya." (HR Bukhari Nomor 3786, HR Muslim Nomor 807–808)

Berikut Alquran Surah Al Baqarah Ayat 1–286 yang lengkap dengan bacaan latin serta artinya:

الٓمّٓۚ

1. Alif-Laaam-Meeem

Alif Lam Mim

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيْهِ ۛ ھُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَ

2. Zaalikal Kitaabu laa raiba feeh; udal lilmuttaqeen

Kitab (Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,

الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

3. Allazeena yu'minoona bilghaibi wa yuqeemoonas salaata wa mimmaa razaqnaahum yunfiqoon

(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan shalat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka,

وَالَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ وَبِالْآخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ

4. Wallazeena yu'minoona bimaa unzila ilaika wa maaa unzila min qablika wa bil Aakhirati hum yooqinoon

dan mereka yang beriman kepada (Al-Qur'an) yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dan (kitab-kitab) yang telah diturunkan sebelum engkau, dan mereka yakin akan adanya akhirat.

أُولَٰئِكَ عَلَىٰ هُدًى مِنْ رَبِّهِمْ ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

5. Ulaaa'ika 'alaa hudam mir rabbihim wa ulaaa'ika humul muflihoon

Merekalah yang mendapat petunjuk dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Ayat lanjutan Surah Al Baqarah bisa selengkapnya dibaca dengan mengeklik tautan berikut ini: Alquran Digital Okezone.

Wallahu a'lam bishawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya