Hukum Puasa pada Hari Jumat Saja, Ini Kata Ustadz Dr Firanda Andirja

Hantoro, Jurnalis · Kamis 13 Januari 2022 09:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 330 2531460 hukum-puasa-pada-hari-jumat-saja-ini-kata-ustadz-dr-firanda-andirja-ZjzXg0paMW.jpg Ustadz Dr Firanda Andirja Lc MA menjelaskan hukum puasa pada hari Jumat saja. (Foto: Dok YouTube Yufid TV)

BANYAK Muslimin bertanya-tanya tentang hukum puasa pada hari Jumat saja. Apakah boleh atau justru dilarang menurut syariat Islam? Berikut penjelasan dari Ustadz Dr Firanda Andirja Lc MA, ulama lulusan Universitas Islam Madinah, Arab Saudi.

Sebagaimana dikutip dari situs resminya, Ustadz Firanda Andirja mengungkapkan makruh hukumnya menyendirikan hari Jumat untuk puasa. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam:

لاَ يَصُومَنَّ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الجُمُعَةِ، إِلَّا يَوْمًا قَبْلَهُ أَوْ بَعْدَهُ

Artinya: "Janganlah salah seorang dari kalian berpuasa pada hari Jumat kecuali dia berpuasa satu hari sebelum atau setelahnya." (HR Bukhari Nomor 1985)

Baca juga: Singkat, Ini Bacaan Doa Buka Puasa Senin Kamis Lengkap Terjemahan dan Keutamaannya 

Baca juga: Abu Nawas Divonis Mati Gara-Gara Buang Air Besar di Sungai, Kok Bisa? 

Kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

إِنَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ يَوْمُ عِيدٍ، فَلَا تَجْعَلُوا يَوْمَ عِيدِكُمْ يَوْمَ صِيَامِكُمْ، إِلَّا أَنْ تَصُومُوا قَبْلَهُ أَوْ بَعْدَهُ

Artinya: "Sesungguhnya hari Jumat adalah hari raya. Maka janganlah kalian menjadikan hari raya kalian sebagai hari berpuasa kecuali kalian berpuasa sebelum dan setelahnya." (HR Ahmad Nomor 8025. Dinyatakan hasan oleh Syekh Al Arnauth)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Hadis tersebut menunjukkan dilarangnya berpuasa pada hari Jumat kecuali disertai berpuasa setelah dan sebelumnya. Juga dikecualikan dari larangan ini adalah orang yang puasa sunahnya bertepatan dengan hari Jumat.

Baca juga: Cerita Mualaf Sukses Miliki 50 Toko Berkat Bacaan Bismillah Ibunya 

Baca juga: Alquran Surat Al Furqan Ayat 1-77 Lengkap Terjemahan, Arti, serta Keutamaannya 

Hal tersebut berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam:

لَا تَخْتَصُّوا لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ بِقِيَامٍ مِنْ بَيْنِ اللَّيَالِي، وَلَا تَخُصُّوا يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِصِيَامٍ مِنْ بَيْنِ الْأَيَّامِ، إِلَّا أَنْ يَكُونَ فِي صَوْمٍ يَصُومُهُ أَحَدُكُمْ

Artinya: "Jangan kalian mengkhususkan malam Jumat dari malam-malam lainnya untuk melaksanakan sholat malam dan jangan pula kalian mengkhususkan hari Jumat dari hari-hari lainnya untuk berpuasa, kecuali salah seorang dari kalian sedang melaksanakan puasa yang biasa dia lakukan." (HR Muslim Nomor 1144)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya