Share

Bolehkah Puasa Hanya di Hari Jumat? Ini Penjelasan Ustadz Dr Firanda Andirja

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 21 Januari 2022 12:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 330 2535598 bolehkah-puasa-hanya-di-hari-jumat-ini-penjelasan-ustadz-dr-firanda-andirja-egBCppumj9.jpg Ustadz Dr Firanda Andirja Lc MA. (Foto: YouTube Firanda Andirja)

USTADZ Dr Firanda Andirja Lc MA, ulama lulusan Universitas Islam Madinah, Arab Saudi, menjelaskan hukum puasa hanya di hari Jumat. Apakah boleh atau terlarang? Ternyata ini sangat ingin diketahui banyak Muslimin.

Dikutip dari situs resminya, Ustadz Firanda Andirja menerangkan bahwa makruh hukumnya menyendirikan hari Jumat untuk puasa. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam:

لاَ يَصُومَنَّ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الجُمُعَةِ، إِلَّا يَوْمًا قَبْلَهُ أَوْ بَعْدَهُ

"Janganlah salah seorang dari kalian berpuasa pada hari Jumat kecuali dia berpuasa satu hari sebelum atau setelahnya." (HR Bukhari Nomor 1985)

Baca juga: Abu Nawas Jadi Tabib Dadakan Sembuhkan Pangeran: Obatnya Kawinkan sama Gadis Desa 

Kemudian Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

إِنَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ يَوْمُ عِيدٍ، فَلَا تَجْعَلُوا يَوْمَ عِيدِكُمْ يَوْمَ صِيَامِكُمْ، إِلَّا أَنْ تَصُومُوا قَبْلَهُ أَوْ بَعْدَهُ

"Sesungguhnya hari Jumat adalah hari raya. Maka janganlah kalian menjadikan hari raya kalian sebagai hari berpuasa kecuali kalian berpuasa sebelum dan setelahnya." (HR Ahmad Nomor 8025. Dinyatakan hasan oleh Syekh Al Arnauth)

Baca juga: 8 Sunah di Hari Jumat Miliki Pahala Besar, Salah Satunya Tidak Memeluk Lutut ketika Simak Khotbah 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Hadis itu menunjukkan dilarangnya berpuasa pada hari Jumat kecuali disertai berpuasa setelah dan sebelumnya. Juga dikecualikan dari larangan ini adalah orang yang puasa sunahnya bertepatan dengan hari Jumat.

Baca juga: Biografi Imam Ahmad bin Hanbal: Pendiri Mazhab Hanbali yang Hafal Lebih dari 1 Juta Hadis 

Hal tersebut berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam:

لَا تَخْتَصُّوا لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ بِقِيَامٍ مِنْ بَيْنِ اللَّيَالِي، وَلَا تَخُصُّوا يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِصِيَامٍ مِنْ بَيْنِ الْأَيَّامِ، إِلَّا أَنْ يَكُونَ فِي صَوْمٍ يَصُومُهُ أَحَدُكُمْ

"Jangan kalian mengkhususkan malam Jumat dari malam-malam lainnya untuk melaksanakan sholat malam dan jangan pula kalian mengkhususkan hari Jumat dari hari-hari lainnya untuk berpuasa, kecuali salah seorang dari kalian sedang melaksanakan puasa yang biasa dia lakukan." (HR Muslim Nomor 1144)

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: 3 Cara Alami Obati Sakit Gigi ala Ustadz dr Zaidul Akbar, Salah Satunya Gunakan Arang 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini