Share

Korban Kecelakaan Balikpapan Meninggal pada Hari Jumat, Ini Menurut Pandangan Islam

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 21 Januari 2022 10:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 614 2535560 korban-kecelakaan-balikpapan-meninggal-di-hari-jumat-ini-menurut-pandangan-islam-LuL1EJUi9w.jpg Lokasi kecelakaan di Balikpapan yang menimbulkan sejumlah korban jiwa. (Foto: Istimewa)

TERJADI kecelakaan di Balikpapan. Tepatnya berada di Jalan Soekarno-Hatta, Balikpapan, sekira pukul 06.19 WIB, Jumat (21/1/2022). Sebuah truk tronton berwarna merah melaju dengan kecepatan tinggi. Kemudian diduga rem blong, menabrak sejumlah kendaraan di depannya.

Belasan kendaraan terdiri dari mobil dan sepeda motor terpental lalu terseret akibat ditabrak truk tronton besar tersebut. Dilaporkan ada 5 orang korban meninggal dunia dan puluhan lainnya mengalami luka-luka.

Baca juga: Mengerikan! Penampakan Truk Tronton Tabrak Belasan Kendaraan di Balikpapan Tewaskan 5 Orangย 


Baca juga: Biografi Imam Ahmad bin Hanbal: Pendiri Mazhab Hanbali yang Hafal Lebih dari 1 Juta Hadisย 

Terkait korban jiwa dalam musibah kecelakaan ini, menurut ajaran agama Islam, meninggal dunia di hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri. Wafat pada hari Jumat bisa menjadi salah satu sebab diselamatkan dari siksa kubur. Tentang hal ini dijelaskan dalam hadis sahih.

Berdasarkan riwayat dari โ€˜Abdullah bin โ€˜Amr Radhiyallahu anhu, beliau berkata, Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wassallam bersabda:

ู…ูŽู€ุง ู…ูู†ู’ ู…ูุณู’ู„ูู…ู ูŠูŽู…ููˆุชู ูŠูŽู€ูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉู ุฃูŽูˆู’ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ูˆูŽู‚ูŽุงู‡ู ุงู„ู„ู‡ู ููุชู’ู†ูŽุฉูŽ ุงู„ู’ู‚ูŽุจู’ุฑู.

"Tidaklah seorang Muslim meninggal pada hari Jumat atau malamnya, kecuali Allah akan menjaganya dari fitnah kubur."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Al Hakim At-Tirmidzi berkata, "Siapa saja yang meninggal pada hari Jumat, maka penutup yang ada padanya di sisi Allah akan terbuka, karena pada hari Jumat api neraka tidak dinyalakan dan pintu-pintunya pun ditutup, penjaganya tidak bekerja seperti pada hari-hari biasanya."

Baca juga: Abu Nawas Jadi Tabib Dadakan Sembuhkan Pangeran: Obatnya Kawinkan sama Gadis Desaย 

Baca juga: 8 Sunah di Hari Jumat Miliki Pahala Besar, Salah Satunya Tidak Memeluk Lutut ketika Simak Khotbahย 

Oleh karena itu, jika seorang hamba meninggal pada hari Jumat, maka menjadi bukti kebahagiaannya dan kabar gembira bagi tempat peristirahatan yang indah baginya.

Tidaklah seseorang dicabut nyawanya pada hari tersebut kecuali dia adalah orang-orang yang telah ditetapkan untuk mendapatkan kebahagiaan, dengan itu dia dibebaskan dari fitnah kubur, karena fitnah kubur merupakan pembeda antara seorang mukmin dan munafik.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini