Share

Alasan Muhammadiyah Bolehkan Dorce Gamalama Dimakamkan Layaknya Perempuan, Ini Penjelasannya

Rico Afrido, Jurnalis · Rabu 02 Februari 2022 12:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 02 614 2541314 alasan-muhammadiyah-bolehkan-dorce-gamalama-dimakamkan-layaknya-perempuan-ini-penjelasannya-DWVmhp4rZc.jpg Dorce Gamalama. (Foto: Instagram Dorce Gamalama)

SOSOK artis senior Dorce Gamalama mendadak jadi sorotan publik Tanah Air. Pasalnya, ia mengatakan ingin dimakamkan sebagai perempuan ketika meninggal dunia kelak. Kalangan alim ulama menilai Dorce harus dimakamkan sesuai jenis kelamin aslinya saat lahir.

Adapun Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Ustadz Dr Hamim Ilyas MAg menilai Dorce Gamalama boleh dimakamkan sebagai seorang perempuan. "Boleh," kata Ustadz Hamim Ilyas kepada Sindonews, Senin 31 Januari 2022.

Baca juga: Ini Pandangan Ustadz Zacky Mirza soal Dorce Gamalama Ingin Dimakamkan sebagai Perempuan 

Baca juga: Dorce Gamalama Ingin Dimakamkan sebagai Perempuan, MUI: Diurus Sebagaimana Jenis Kelamin Asalnya 

Ia pun menjelaskan alasannya. "Mbak Dorce sudah operasi kelamin dan oleh hukum telah ditetapkan sebagai orang berjenis kelamin perempuan," kata Ustadz Hamim Ilyas.

Oleh karena itu, kata Ustadz Hamim Ilyas, status jenis kelamin Dorce Gamalama sudah jelas perempuan. "Beliau (Dorce, red) memiliki hak dan kewajiban sebagai perempuan, termasuk hak atas doa dan pemakamannya," ungkapnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Dorce Gamalama angkat bicara terkait tanggapan para alim ulama yang menyebut dirinya tidak bisa dimakamkan sebagai perempuan. Hal tersebut terungkap dalam sebuah video yang berbedar di media sosial.

Baca juga: Dorce Gamalama Berwasiat soal Pemakaman, Apa Hukumnya dalam Islam? 

Baca juga: Dorce Gamalama Mau Dimakamkan sebagai Perempuan, Ini Hukum Mengurus Jenazah Transgender Menurut Islam 

Dari video yang diunggah akun Instagram @rumpi_gosip, Dorce Gamalama secara tegas mengatakan bahwa wasiat yang telah disampaikan kepada anak-anaknya itu akan menjadi urusannya dan keluarga, bukan masyarakat.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini