Share

Kandungan Surat Al Baqarah Ayat 30: Ini Tujuan Allah Ciptakan Manusia di Muka Bumi

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Senin 07 Maret 2022 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 07 330 2557509 kandungan-surat-al-baqarah-ayat-30-ini-tujuan-allah-ciptakan-manusia-di-muka-bumi-QQHx1Uf6l5.jpg Ilustrasi kandungan Surat Al Baqarah Ayat 30. (Foto: Shutterstock)

SURAT Al Baqarah Ayat 30 memiliki arti dan kandungan yang harus diketahui kaum Muslimin. Sebagaimana diketahui bahwa Alquran merupakan pedoman hidup umat Islam. Di dalam setiap suratnya mengandung arti dan makna. Pada artikel kali ini Okezone akan menjelaskan mengenai arti dan kandungan dari Surat Al Baqarah Ayat 30.

Al Baqarah yang memiliki arti "Sapi Betina" merupakan surat kedua di dalam Alquran setelah Surat Al Fatihah. Dinamai Sapi Betina karena dalam surat ini mengisahkan tentang penyembelihan sapi betina oleh kaum Bani Israil.

Baca juga: Tafsir Surat Al Baqarah Ayat 2, Terungkap Keutamaan Luar Biasa Orang Bertakwa 

Al Baqarah merupakan surat yang memiliki ayat paling banyak di dalam Alquran, yaitu 286 ayat dengan 6.221 kata. Al Baqarah merupakan jenis surat Madaniyah atau diturunkan di Kota Madinah.

Lalu apa arti dan kandungan yang ada di dalam Surat Al Baqarah Ayat 30? Berikut penjelasannya, sebagaimana telah Okezone rangkum.

Baca juga: Puasa Sunah Senin Kamis di Bulan Syaban, Ini Keutamaannya yang Luar Biasa Besar 

Arti dan Makna

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَٰٓئِكَةِ إِنِّى جَاعِلٌ فِى ٱلْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوٓا۟ أَتَجْعَلُ فِيهَا مَن يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ ٱلدِّمَآءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّىٓ أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

Artinya: "Ingatlah di kala Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: 'Sesungguhnya Aku hendak mengakibatkan seorang khalifah di muka bumi.' Mereka berkata: 'Mengapa Engkau hendak mengakibatkan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?' Tuhan berfirman: 'Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kau ketahui'." (QS Al Baqarah: 30)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kandungan yang terdapat dalam Surat Al Baqarah Ayat 30 adalah pemberitahuan atau berita kepada malaikat bahwa Allah Subhanahu wa ta'ala akan menciptakan manusia sebagai khalifah di muka bumi.

Dalam ayat tersebut digambarkan malaikat sedang berdialog dengan Allah Subhanahu wa ta'ala mengenai hal ini. Malaikat awalnya menentang keputusan Allah Ta'ala karena manusia adalah makhluk yang memiliki sifat perusak dan sering menumpahkan darah.

Baca juga: Konsul Haji: Kini Tidak Diterapkan Lagi Social Distancing di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi 

Baca juga: Masya Allah! Putra Titi Kamal Ingin Pergi Umrah, Berawal Pelajari Video Asmaul Husna 

Hal itu dibenarkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Allah Ta'ala mengatakan hal tersebut yang nantinya akan menjadi cobaan bagi para manusia.

Pada akhirnya malaikat tetap patuh karena Allah Subhanahu wa ta'ala adalah Tuhan yang maha mengetahui atas segala sesuatu yang akan terjadi.

Demikian penjelasan mengenai arti dan kandungan dari Surat Al Baqarah Ayat 30. Semoga bermanfaat. Aamiin Allahumma aamiin. Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini