Share

Akhir Zaman Nanti 1 Laki-Laki Halal Menikahi 50 Wanita? Ini Kata Buya Yahya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 30 Maret 2022 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 330 2570354 akhir-zaman-nanti-1-laki-laki-halal-menikahi-50-wanita-ini-kata-buya-yahya-tQiiySgiH2.jpg Buya Yahya. (Foto: Dok YouTube Al Bahjah TV)

ADA salah satu jamaah bertanya kepada KH Yahya Zainul Ma'arif atau akrab disapa Buya Yahya, benarkah di akhir zaman nanti 1 laki-laki halal menikah dengan 50 perempuan sekaligus? Pasalnya, jamaah tersebut melihat sebuah hadis dengan penafsiran demikian.

Dengan tegas Buya Yahya menjawab bahwa hal itu tidak benar. Bisa jadi jamaah yang menanyakan hal ini salah menerima informasi tersebut.

Baca juga: Buya Yahya Ungkap Keutamaan Luar Biasa Sedekah di Bulan Ramadan, Jangan Ditunda-tunda! 

"Itu mungkin salah dengar Anda yang bertanya. Enggak mungkin. Penafsiran yang mengatakan 1 lelaki menikahi 50 wanita itu jelas salah," kata Buya Yahya, dikutip dari kanal YouTube Al Bahjah TV, Rabu (30/3/2022).

Ia menjelaskan, sebelumnya dalam fikih sudah dijelaskan dan telah ada kesepakatan ulama yang diambil dari Alquran. Seorang laki-laki paling banyak menikah dengan 4 wanita.

"Itu pun ada aturan-aturannya. Itu jelas kalau memang ada. Itu salah dengar mungkin," tutur Buya Yahya.

Baca juga: Buya Yahya Ungkap Hukum Tradisi Ruwahan Jelang Ramadan Menurut Syariat 

Dirinya juga mengatakan penafsiran tersebut jika tersebar luas akan sangat berbahaya dengan pembahasan akidah. Maka itu, kata Buya Yahya, penafsiran ini harus diluruskan.

Pendakwah berusia 48 tahun tersebut juga meluruskan ada dua hadis yang berkaitan tentang hal tersebut. Ia memberi contoh, menjelang hari kiamat ilmu akan dicabut sehingga banyak terjadi perzinaan, hingga orang tidak malu lagi dizinahi di tengah jalan.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Selain hobi berzina, orang-orang akhir zaman juga gemar minum minuman terlarang. Selain itu, peperangan pun akan terjadi secara besar-besaran sehingga banyak laki-laki yang meninggal hingga populasi antara wanita dan pria menjadi tidak seimbang.

Baca juga: Kapan Mulai Puasa Ramadan 2022? Kemenag Baru Gelar Sidang Isbat Jumat 1 April 

Baca juga: Doa Melihat Hilal Awal Ramadan, Lengkap Tata Cara hingga Keutamaannya 

Buya Yahya juga menjelaskan bahwa penafsiran yang tepat dari hadis tersebut adalah bukan menikahi, melainkan mengayomi. Adapun karena perang yang berkepanjangan, beberapa wanita akan minta dinikahi oleh laki-laki, bukan menikahi.

"Enggak mungkin menikahi 50 wanita. Bukan menikahi, itu urusan syariat. Mungkin salah dengar, makanya hati-hati," tukasnya. Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini