Share

Lailatul Qadar Lebih Baik dari Malam 1.000 Bulan, Ini Ibadah untuk Meraihnya

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 11 April 2022 07:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 11 330 2576661 lailatul-qadar-lebih-baik-dari-malam-1-000-bulan-ini-ibadah-untuk-meraihnya-zCnjhG64fY.jpg Ilustrasi ibadah meraih malam lailatul qadar. (Foto: Freepik)

LAILATUL qadar dijelaskan dalam dalil-dalil sahih bahwa lebih baik dari malam 1.000 bulan. Jangan pernah menyia-nyiakan atau melewatkan malam penuh keberkahan ini.

Penjelasan mengenai keutamaan malam lailatul qadar sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta'ala:

ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู„ู’ูู ุดูŽู‡ู’ุฑู

"Malam kemuliaan itu lebih baik dari 1.000 bulan." (QS Al Qadr: 3)

Baca juga: 8 Cara Mendapatkan Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadan 2022ย 

Maksudnya adalah ibadah di malam lailatul qadar itu lebih utama dari ibadah di 1.000 bulan lainnya yang tidak terdapat lailatul qadar.

Ada banyak ibadah yang bisa dilaksanakan untuk meraih malam lailatul qadar. Salah satunya adalah sholat tahajud.

Kaifiyah atau tata cara sholat tahajud perlu diketahui oleh umat Islam. Meski hukumnya sunah, sholat ini memiliki banyak sekali keutamaan, khususnya jika dikerjakan pada bulan Ramadan menyambut datangnya lailatul qadar.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu โ€˜anhu, dari Nabi Muhammad Shallallahu โ€˜alaihi wassallam, beliau bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุงู…ูŽ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู ุฅููŠู…ูŽุงู†ู‹ุง ูˆูŽุงุญู’ุชูุณูŽุงุจู‹ุง ุบูููุฑูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูŽุง ุชูŽู‚ูŽุฏูŽู‘ู…ูŽ ู…ูู†ู’ ุฐูŽู†ู’ุจูู‡ู

"Barang siapa melaksanakan sholat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR Bukhari Nomor 1901)

Baca juga: Bacaan Surat Al Qadr untuk Malam Lailatul Qadar, Lengkap Arti hingga Keutamaannyaย 

Dikutip dari buku 'Berkah-Berkah Sepertiga Malam yang Terakhir' karya Ustadz Wahyudi Nur Arifin, Allah Subhanahu wa ta'ala sangat mencintai hamba-Nya yang menjalankan sholat tahajud. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

"Dan tidak henti-hentinya hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan nafilah, sehingga aku mencintainya. Apabila ia memohon kepadaku, pasti Aku kabulkan. Jika ia memohon perlindungan-Ku, pasti aku lindungi." (HR Bukhari)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Berikut ini tata cara sholat tahajud di bulan Ramadan, khususnya menyambut kedatangan lailatul qadar:

1. Sholat tahajud dilakukan di waktu sepertiga malam. Biasanya umat Islam melaksanakannya antara pukul 02.00 hingga 03.00 dini hari menjelang subuh.

2. Niat sholat tahajud, cukup di dalam hati.

3. Takbiratul ihram dan membaca doa iftitah seperti pelaksanaan sholat pada umumnya.

4. Membaca Surat Al fatihah dan sura-surat lainnya yang ada di dalam Alquran.

5. Rukuk dengan tumaninah.

6. Sujud dengan tumaninah.

7. Berdiri kembali melanjutkan rakaat kedua dengan gerakan yang sama. Jumlah rakaat sholat tahajud sebanyak 2 rakaat.

8. Pada rakaat terakhir membaca tahiyat akhir. Lalu salam.

9. Terakhir adalah membaca doa pada untuk meraih lailatul qadar. Hadis yang membicarakan doa ini adalah sebagai berikut:

ุนูŽู†ู’ ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽุชู’ ู‚ูู„ู’ุชู ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฃูŽุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชูŽ ุฅูู†ู’ ุนูŽู„ูู…ู’ุชู ุฃูŽู‰ูู‘ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉู ุงู„ู’ู‚ูŽุฏู’ุฑู ู…ูŽุง ุฃูŽู‚ููˆู„ู ูููŠู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ููˆู„ูู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุนูŽูููˆูŒู‘ ุชูุญูุจูู‘ ุงู„ู’ุนูŽูู’ูˆูŽ ููŽุงุนู’ูู ุนูŽู†ูู‘ู‰

"Dari โ€˜Aisyah radhiyallahu โ€˜anha, ia berkata, 'Aku pernah bertanya kepada Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam, yaitu jika saja aku tahu bahwa suatu malam adalah malam lailatul qadar, lantas apa doa yang mesti kuucapkan?' Jawab Rasul Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam, 'Berdoalah: ALLAHUMMA INNAKA โ€˜AFUWWUN TUHIBBUL โ€˜AFWA FAโ€™FU โ€™ANNII (artinya: Ya Allah, Engkau Maha Memberikan Maaf dan Engkau suka memberikan maaf โ€”menghapus kesalahan, karenanya maafkanlah aku โ€”hapuslah dosa-dosaku)."

(HR Tirmidzi Nomor 3513 dan Ibnu Majah 3850. Abu โ€˜Isa At-Tirmidzi mengatakan hadis ini hasan sahih. Al Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadis ini sahih)

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini