Share

Masya Allah, Angelina Sondakh Ungkap Caranya Bisa Hafal 15 Juz Alquran ketika di Lapas

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Selasa 12 April 2022 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 12 621 2577530 masya-allah-angelina-sondakh-ungkap-caranya-bisa-hafal-15-juz-alquran-ketika-di-lapas-JpqzWHG2kp.jpg Angelina Sondakh. (Foto: Instagram @angelinasondakh09)

MASA hukuman penjara 10 tahun benar-benar dimanfaatkan oleh Angelina Sondakh untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Meskipun seorang mualaf, Angie sukses mengkhatamkan Alquran dan bahkan hafal 15 juz.

Semua bermula ketika Angelina Sondakh merasa komunikasi sangat terbatas di dalam penjara. Satu-satunya bentuk komunikasi yang mudah dijangkau adalah berhubungan dengan Tuhan melalui ibadah.

Baca juga: Masuk Islam, Fitria Yusuf Putri Konglomerat Jusuf Hamka Bangun 1.000 Masjid 

"Alquran dan sajadah jadi teman setiaku, karena aku enggak perlu telepon. Anytime aku perlu teman, aku cukup ambil air wudhu, gelar sajadah dan sholat," ujar Angelina Sondakh, dikutip dari kanal YouTube Maia Al El Dul TV, Selasa (12/4/2022).

Angelina Sondakh. (Foto: Instagram @angelinasondakh09)

Beruntung, Angie dipertemukan oleh seorang teman bernama Widya yang merupakan penghafal Alquran.

"Allah mempertemukan aku dengan Widya di satu kamar. Yang akhirnya aku hafal 3 juz, sama dia bisa kebut lebih banyak karena kita sekamar," tuturnya.

Baca juga: 7 Hal yang Meruntuhkan Pahala Puasa, Nomor 1 Tidak Sadar Sering Dilakukan 

Angie dan Widya memiliki waktu luang cukup banyak selama di penjara. Hal ini mereka manfaatkan untuk mengaji hingga menghafal Alquran di sela-sela jeda waktu sholat.

"Dari Sholat Subuh pasti kita hajar enggak tidur sampai sholat dhuha," kata istri dari mendiang Adjie Massaid itu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Lambat laun usaha Angie untuk menghafal ayat-ayat suci Alquran pun membuahkan hasil. Dirinya juga tidak menyangka bisa menghafal satu per satu juz dalam Alquran.

"Pokoknya tiba-tiba bisa hafal satu juz. Apa karena si Widya ini setiap hari mengimami aku, hafalannya kan lancar, dan tajwidnya oke. Jadi ke depannya aku mengalir ikut," ucapnya.

Baca juga: Hukum Memotong Kuku saat Puasa, Benarkah Membuat Batal? 

Di sisi lain, Angie tidak hanya meminta Widya menguji hafalan Alquran-nya, dirinya pun melakukan hal yang sama. Angie kerap kali bertindak sebagai penguji hafalan Alquran bagi teman-teman lain.

Bagi seorang Angelina Sondakh, lapas bisa menjadi tempat yang luar bisa ketika dia mau berlaku demikian. Terbukti di tempat yang orang lain pikir menyeramkan, Angie justru bisa menjadi seorang penghafal Alquran.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini