Share

Apakah Sholat Tahajud Harus Tidur Dulu?

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 330 2596072 apakah-sholat-tahajud-harus-tidur-dulu-Z0xZ7CRs21.jpg Ilustrasi sholat tahajud. (Foto: Shutterstock)

APAKAH sholat tahajud harus tidur dulu? Ternyata hal ini banyak ditanyakan kaum Muslimin. Adapun berdasarkan hadis yang diriwayatkan Imam Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu โ€˜anhu bahwa Rasulullah Shalallahu โ€˜Alaihi wa Sallam bersabda:

"Sholat yang paling utama setelah yang fardhu adalah sholat malam."

Baca juga: Doa Setelah Sholat Tahajud agar Cepat Dikabulkan oleh Allah SWT, Lengkap Terjemahan Indonesiaย 

Begitu pentingnya Sholat Qiyamul Lail hingga Allah Subhanahu wa ta'ala mengingatkan hamba-Nya yang masih terlelap tidur dan berselimut.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

"Hai orang yang berselimut." (QS Al Muzzammil: 1)

Ustadz Dr Firanda Andirja Lc MA dalam Kelas UFA menyebut ayat ini adalah peringatan, ketika Allah Subhanahu wa ta'ala memanggil dengan menyebut sifat, "Wahai orang-orang yang berselimut."

Maka, apakah sholat tahajud harus tidur dulu? Ini merupakan panggilan bagi Muslim yang berselimut untuk bangun sholat malam. Oleh karena itu, bagi siapa pun yang tidur berselimut hendaknya mengingat ayat ini.

Sholat Qiyamul Lail atau sholat tahajud mempunyai keutamaan yang sangat luar biasa. Menjadi kemuliaan bagi orang meneggakkannya.

Baca juga: Sholat Hajat atau Tahajud Dulu? Ini Urutannya yang Tepatย 

Surat lain menerangkan bahwa bangun tengah malam untuk sholat tahajud dan membaca Alquran dengan khusyuk akan dapat membuat iman jadi kuat dan membina diri pribadi. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Surat Al Muzzammil Ayat 1โ€“6 yang artinya.

"Wahai orang yang berselimut (Muhammad)! Bangunlah (untuk salat) pada malam hari, kecuali sebagian kecil, (yaitu) separuhnya atau kurang sedikit dari itu, atau lebih dari (seperdua) itu, dan bacalah Alquran itu dengan perlahan-lahan. Sesungguhnya Kami akan menurunkan perkataan yang berat kepadamu. Sungguh, bangun malam itu lebih kuat (mengisi jiwa); dan (bacaan pada waktu itu) lebih berkesan." (QS 73: 1โ€“6)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Jika tidak tidur sama sekali di waktu malam hari, maka sholat sunah yang dilakukan tidak bisa disebut sebagai sholat tahajud. Sebagaimana pendapat Imam Romli dalam karyanya Nihayatul Muhtaj Ila Syarhil Minhaj menyebutkan:

"Shalat tahajud disunahkan dengan kesepakatan ulama berdasarkan firman Allah Ta'ala (dan pada sebagian malam hari sholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu (QS Al Isra; 79). Dan juga berdasarkan ketekunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dalam melaksanakannya."

Allahu a'lam bisshawab.

Baca juga: Surat yang Dibaca saat Sholat Tahajud, Lengkap dengan Tata Caranyaย 

Baca juga: Hukum Sholat Witir Setelah Tahajud Beserta Waktu Terbaik Mengerjakannyaย 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini