Share

Niat Sholat Tahajud 2 Rakaat Beserta Tata Cara hingga Doanya

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 616 2595980 niat-sholat-tahajud-2-rakaat-beserta-tata-cara-hingga-doanya-I7YxPHlZMa.jpg Ilustrasi niat sholat tahajud 2 rakaat. (Foto: Shutterstock)

NIAT sholat tahajud 2 rakaat memiliki keistimewaan sebagaimana ibadah sunah lainnya. Sholat sunah ini dikerjakan pada sepertiga malam, tepatnya ketika banyak orang sedang nikmat tidur.

Meskipun termasuk ibadah sunah, sholat tahajud memiliki banyak sekali keutamaan. Maka itu, sangat dianjurkan dilakukan, terlebih lagi pada bulan Ramadan.

Baca juga: Doa Setelah Sholat Tahajud agar Cepat Dikabulkan oleh Allah SWT, Lengkap Terjemahan Indonesiaย 

Jumlah rakaat sholat tahajud paling sedikit adalah 1 rakaat berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wassallam, "Sholat malam adalah 2 rakaat (salam), 2 rakaat (salam), apabila salah seorang di antara kamu khawatir akan datangnya waktu subuh maka hendaklah dia sholat 1 rakaat sebagai witir baginya." (HR Bukhari dan Muslim)

Dikutip dari buku 'Berkah-berkah Sepertiga Malam yang Terakhir' karya Wahyudi Nur Arifin, Allah Subhanahu wa ta'ala sangat mencintai hamba-Nya yang mengerjakan sholat tahajud.

Berikut ini kaifiyah sholat tahajud 2 rakaat dan tata caranya:

1. Sholat tahajud dilakukan di waktu sepertiga malam. Biasanya umat Islam melaksanakannya antara pukul 02.00 hingga 03.00 dini hari menjelang subuh.

2. Membaca niat sholat tahajud cukup di dalam hati. Diniatkan mengerjakan amal salih ini semata-mata karena Allah Subhanahu wa ta'ala.

3. Melakukan takbiratul ihram dan membaca doa iftitah seperti pelaksanaan sholat pada umumnya.

4. Membaca Surat Al Fatihah dan surat lainnya yang ada di dalam kitab suci Alquran.

Baca juga: Sholat Hajat atau Tahajud Dulu? Ini Urutannya yang Tepatย 

5. Rukuk dengan tumaninah.

6. Sujud dengan tumaninah.

7. Berdiri lagi melanjutkan rakaat kedua dengan gerakan sama. Jumlah rakaat sholat tahajud sebanyak 2 rakaat.

8. Pada rakaat terakhir membaca tahiyat akhir. Lalu salam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin mengatakan setelah sholat tahajud bisa dilanjutkan dengan membaca zikir atau membaca kitab suci Alquran.

"Disunahkan untuk memperbanyak doa pada malam tersebut, memohonlah kepada Allah segala kebaikan, dan khususnya agar dosa-dosa kita dilebur dan diampuni Allah Subhanahu wa ta'ala, keluasan rezeki, bertambah keimanan dan ketakwaan," tukasnya.

Wallahu a'lam bisshawab.

Baca juga: Surat yang Dibaca saat Sholat Tahajud, Lengkap dengan Tata Caranyaย 

Baca juga: Hukum Sholat Witir Setelah Tahajud Beserta Waktu Terbaik Mengerjakannyaย 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini