Share

3 Manfaat Membaca Surat Yasin Setiap Hari, Simak Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2022 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 26 614 2600670 3-manfaat-membaca-surat-yasin-setiap-hari-simak-penjelasan-ustadz-abdul-somad-7SR5fh32cr.jpg Ilustrasi UAS ungkap manfaat membaca Surat Yasin setiap hari. (Foto: YouTube Ustadz Abdul Somad Official)

MANFAAT membaca Surat Yasin setiap hari akan dibahas dalam artikel kali ini. Membaca Surat Yasin memiliki wasilah yang sangat mendalam. Dengan begitu Surat Yasin mempunyai keutamaan dan kemuliaan.

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam secara jelas mengungkapkan akan hal tersebut. Beliau bersabda: "Sesungguhnya segala sesuatu itu mempunyai kalbu (inti) dari kalbu Al-Qur'an adalah Surat Yasin."

Ustadz Abdul Somad (UAS) mmemberkan terdapat hadits mengenai amalan membaca Surat Yasin pada setiap malam hari adalah jayyid atau bagus. "Haditsnya jayyid. Isnaduhu jayyid. Jayyid ini antara hasan dan sahih. Ini ada di dalam Tafsir Imam Ibnu Katsir," ujarnya.

Selain itu dalam Surat Yasin, manusia diingatkan pasti akan datang menghadap Allah Subhanahu wa ta'ala. Saat itu, mulut terkunci dan kaki serta tangan yang akan bersaksi atas semua perbuatan yang dilakukan selama di dunia.

"Surat Yasin ini merupakan perenungan yang luar biasa bagi manusia," ucapnya.

Info grafis keutamaan membaca Surah Al Kahfi. (Foto: Okezone)

Berikut ini 3 manfaat membaca Surat Yasin setiap hari:

1. Mendatangkan rahmat

عَنْ أَبِي عُثْمَانَ -وَلَيْسَ بِالنَّهْدِيِّ-عَنْ أَبِيهِ، عَنْ مَعْقِل بْنِ يَسَار قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "اقرؤوها عَلَى مَوْتَاكُمْ" -يَعْنِي: يس

Dari Ma'qal ibnu Yasar ra yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Bacakanlah ia untuk orang-orang mati kalian. Yakni surat Yasin tersebut. Surat Yasin yang dibacakan untuk orang yang sedang menghadapi ajalnya dimaksudkan untuk memohon agar rahmat dan berkah diturunkan baginya, dan dimaksudkan agar rohnya keluar dengan mudah; hanya Allah-lah Yang Maha Mengetahui.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

2. Diperlancar urusan

Salah satu manfaat membaca surat yasin setiap hari yakni dimudahkan atau memperlancar urusan yang dijalani. Sebab, Allah Subhanahu wa ta'ala akan memudahkannya. Adapun dalam afsir Ibnu Katsir disebutkan setiap ada perkara yang sulit, setiapa da musibah dan malapetaka dibacakan Surat Yasin maka Allah Ta'ala memudahkan perkara itu.

3. Diampuni dosanya keesokan harinya

قعَنِ الْحَسَنِ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "مَنْ قَرَأَ يس فِي لَيْلَةٍ أَصْبَحَ مَغْفُورًا لَهُ. وَمَنْ قَرَأَ: "حم" الَّتِي فِيهَا الدُّخَانُ أَصْبَحَ مَغْفُورًا لَهُ"

Artinya: Dari Al-Hasan yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Barang siapa yang membaca surat Yasin di malam hari, pada keesokan harinya ia diampuni. Dan barang siapa yang membaca Ha Mim yang di dalamnya disebutkan Dukhan (surat Ad-Dukhan), pada pagi harinya diampuni". Sanad hadis ini jayyid (baik).

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini