Share

Tata Cara Sholat Tobat, Lengkap Bacaan Doanya

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2022 19:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 26 614 2600747 tata-cara-sholat-tobat-lengkap-bacaan-doanya-6JxSCLHKuk.jpg Ilustrasi tata cara sholat tobat. (Foto: Shutterstock)

TATA cara sholat tobat dan bacaan doanya akan dibahas dalam artikel kali ini. Sebagai seorang manusia tentu tidak pernah luput dari sebuah kesalahan dan berbuat dosa. Baik itu yang besar maupun yang kecil.

Maka itu, dianjurkan selalu memohon ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala atas dosa-dosa yang pernah dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan sholat tobat. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah bersabda mengenai tobat:

ูƒูู„ู‘ู ุจูŽู†ููŠ ุขุฏูŽู…ูŽ ุฎูŽุทู‘ูŽุงุกูŒุŒ ูˆูŽุฎูŽูŠู’ุฑู ุงู„ู’ุฎูŽุทู‘ูŽุงุฆููŠู†ูŽ ุงู„ุชู‘ูŽูˆู‘ูŽุงุจููˆู†ูŽ

Artinya: โ€œSetiap anak keturunan Adam adalah orang yang berbuat kesalahan, dan sebaik-baik orang yang berbuat kesalahan adalah orang yang bertaubat.โ€ (HR. Ibnu Majah; lihat Ibnu Hajar Al-Asqalani, Bulรปghul Marรขm, [Semarang: Usaha Keluarga], tt., hal. 302)

Lantas, bagaimana Tata Cara Sholat Tobat dan seperti apa bacaan doanya? Simak penjelasannya berikut ini.

Tata Cara Sholat Tobat

Dikutip dari nu.or.id, sholat tobat dilaksanakan dengan 2 rakaat salam. Pelaksanaannya adalah sebagai berikut:

1. Niat sholat tobat. Cukup di dalam hati.

2. Membaca Doa Iftitah dan Surat Al Fatihah

3. Membaca surat pendek Alquran

4. Rukuk

5. Iktidal

6. Sujud

7. Duduk di antara dua sujud

8. Sujud kedua

9. Kembali berdiri dan melanjutkan rakaat kedua

10. Salam

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Doa Sholat Tobat

Setelah melaksanakan sholat tobat, dianjurkan untuk melakukan dzikir dan beristighfar. Lalu dilanjutkan dengan membaca doa:

ุงูŽู„ู„ูŽู‘ู‡ูู…ูŽู‘ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุฑูŽุจูู‘ูŠู’ ุŒ ู„ูŽุง ุฅูู„ูฐู€ู‡ูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุฎูŽู„ูŽู‚ู’ุชูŽู†ููŠู’ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุนูŽุจู’ุฏููƒูŽ ุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุง ุนูŽู„ูŽู‰ ุนูŽู‡ู’ุฏููƒูŽ ูˆูŽูˆูŽุนู’ุฏููƒูŽ ู…ูŽุง ุงุณู’ุชูŽุทูŽุนู’ุชู ุŒ ุฃูŽุนููˆู’ุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุดูŽุฑูู‘ ู…ูŽุง ุตูŽู†ูŽุนู’ุชู ุŒ ุฃูŽุจููˆู’ุกู ู„ูŽูƒูŽ ุจูู†ูุนู’ู…ุชููƒูŽ ุนูŽู„ูŽูŠูŽู‘ ุŒ ูˆูŽุฃูŽุจููˆู’ุกู ุจูุฐูŽู†ู’ุจููŠู’ ููŽุงุบู’ููุฑู’ ู„ููŠู’ ุŒ ููŽุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ู„ูŽุง ูŠูŽุบู’ููุฑู ุงู„ุฐูู‘ู†ููˆุจูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ

Artinya: โ€œYa Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada tuhan selain Engkau. Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian untuk taat kepada-Mu dan janji balasan-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepada-Mu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau.โ€

Demikian tata cara sholat tobat, lengkap dengan bacaan doanya. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini