Share

Ragam Cara Menyambut Ramadan

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 27 Mei 2022 16:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 614 2601353 ragam-cara-menyambut-ramadan-qj5yeTHqNi.jpg Ilustrasi ragam cara menyambut Ramadan. (Foto: ACT)

TARHIB Ramadan terus Aksi Cepat Tanggap (ACT) gelar di berbagai daerah dengan beragam cara. Agenda ini diselenggarakan agar momen menjelang Ramadan dapat dimaknai sebagai waktu yang tepat untuk menyiapkan diri menjadi yang terbaik untuk Ramadan nanti.

Seperti di Jakarta Pusat, tepatnya Masjid Al Falaah, Pejompongan, ACT Jakarta Pusat, relawan Masyarakat Relawan Indonesia, dan warga sekitar masjid ikut membersihkan tempat ibadah ini, Jumat 25 Maret 2022. Selain membersihkan masjid, ACT juga mendistribusikan paket pangan untuk yatim serta penyemprotan disinfektan di area masjid.

Baca juga: Kenapa Zakat Fitrah saat Pandemi Harus Segera Ditunaikan? 

Ilustrasi ragam cara menyambut Ramadan. (Foto: ACT)

Menurut Hero Gefthi dari Tim ACT Jakpus, kegiatan membersihkan masjid dipilih karena tempat ibadah ini akan menjadi pusat kegiatan selama Ramadan. Tidak hanya ibadah, tetapi juga kegiatan sosial nantinya bakal terselenggara di tempat tersebut.

"Acara ini juga menjadi momen yang tepat untuk mengedukasi masyarakat agar lebih mencintai dan memakmurkan masjid," ungkap Hero.

Baca juga: Kematian Akibat Tuberkulosis Meningkat, Kasus Terbanyak Ada di Negara Konflik 

Lain dengan di Jakarta, ACT Cabang Magelang juga menggelar tarhib Ramadan dengan pawai, hiburan untuk anak-anak serta santunan yatim. Kegiatan digelar di Kelurahan Klopo, Kecamatan Tegalrejo, Ahad 27 Maret 2022.

Sementara itu di Tasikmalaya, ACT juga menggelar tarhib Ramadan dengan mendistribusikan bantuan pangan pra-Ramadan untuk warga prasejahtera di daerah Padakembang, Singaparna dan Ciawi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Fauzi Ridwan dari Tim ACT Tasikmalaya mengatakan setiap orang memiliki keadaan yang berbeda-beda saat Ramadan nanti, khususnya dalam hal ekonomi. Untuk itu, bantuan pra-Ramadan ini hadir yang diharapkan meringankan beban masyarakat di tengah meningkatnya harga kebutuhan pangan.

"Momen bulan suci, kami bersama dermawan akan berikhtiar memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Aksi ini pun akan terus berlangsung selama Ramadan hingga menjelang Idulfitri nanti," jelas Ridwan, Selasa 29 Maret 2022.

Baca juga: 4 Rekomendasi Hidangan Berbuka Puasa yang Sehat dan Bagus untuk Tubuh 

Baca juga: Warga Dukuh Sendang Klaten Punya Sumber Air Baru 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini