Share

Dana Perkara Holywings Bakal Disedekahkan, Ini Respons MUI

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 05 Juli 2022 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 05 614 2623820 dana-perkara-holywings-bakal-disedekahkan-ini-respons-mui-fzznrHFjlK.jpeg Ilustrasi MUI menanggapi rencana dana perkara Holywings akan disedekahkan. (Foto: Istimewa/mui.or.id)

MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) menanggapi rencana dana perkara Holywings bakal disedekahkan ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). MUI menegaskan tidak setuju dengan rencana tersebut.

"Sumbangan ke Baznas itu jangan hasil dari Holywings. Holywings itu kan bar, miras di situ," kata Ketua Bidang Fatwa MUI Sulsel Dr KH Ruslan Wahab MA di Kantor MUI Sulsel, Kota Makassar, Sabtu 2 Juli 2022, dikutip dari mui.or.id.

Baca juga: Puasa Arafah dan Idul Adha Ikut Makkah atau Indonesia? Ini Kata MUIย 

Holywings. (Foto: Instagram @holywingsgroup)

Ia menegaskan jika ada sumbangan seperti dimaksudkan tersebut maka harus ditolak. Pasalnya, hasil usaha Holywings menyalahi aturan agama yaitu minuman keras. Islam sangat melarang hal-hal terkait miras.

"Allah Taโ€™ala tidak menerima kecuali sesuatu yang baik. Maka siapa yang bersedekah dengan barang haram, tidak akan diterima," tegas KH Ruslan Wahab.

Baca juga: Ini Respons MUI soal Israel Akan Berlaga di Piala Dunia U-20 Indonesiaย 

Dirinya kemudian menyampaikan hadis riwayat Abu Hurairah radhiyallahu anhu, "Abu Hurairah berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda, 'Sesungguhnya Allah Maha Baik dan tidak menerima kecuali yang baik'."

Sekadar diketahui, organisasi praktisi hukum di Indonesia menuntut tanggung jawab direksi PT Aneka Bintang Gading (ABG), perusahaan yang mengelola outlet restoran dan bar Holywings Indonesia, atas promosi minuman keras (miras) gratis bagi pengunjung bernama Muhammad dan Maria yang membuat enam karyawannya ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Organisasi advokat tersebut adalah Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) yang didampingi para advokat dari Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI), serta advokat yang menjadi kuasa hukum dari prinsipal Muhammad Faisal selaku Penggugat I dan Muhammad Chusni Mubarok selaku Penggugat II, serta penyandang nama "Muhammad" dan umat Islam sebagai penganut agama rahmatan lil'alamin yang dibawa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Muhammad Faisal dan Muhammad Chusni Mubarok menggugat Dirut PT ABG berinisial ESW secara perdata ke Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Kamis 30 Juni 2022, dengan tuntutan ganti rugi sebesar Rp100 miliar. Keduanya menggugat karena merasa tersakiti oleh promosi Holywings, mengingat miras merupakan jenis minuman yang diharamkan dalam agama Islam.

Baca juga: MUI Sampaikan Doa untuk Menpan-RB Tjahjo Kumolo: Semoga Apa yang Diperbuat Menjadi Amal Ibadahย 

Baca juga: Heboh Ganja Medis, MUI Beberkan dari Sisi Hukum Fikihย 

"Kami juga meminta kepada majelis hakim Pengadilan Negeri Tangerang yang akan memeriksa perkara ini, untuk mengadili, memutus, dan mengabulkan tuntutan kerugian immaterial sebesar Rp100 miliar atas penghinaan terhadap para penggugat selaku penyandang nama 'Muhammad', yang dilakukan oleh para tergugat yang nantinya akan disumbangkan sebagai zakat, infaq, dan sadaqah ke Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) atas nama umat beragama dan kemanusiaan," kata Menurut narahubung ACTA Hendarsam Marantoko dalam siaran persnya, Jumat 1 Juli 2022, dikutip dari iNews.id.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini