Share

Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah Beserta Batas Waktunya

Hantoro, Jurnalis · Selasa 05 Juli 2022 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 05 614 2623943 niat-puasa-tarwiyah-dan-arafah-beserta-batas-waktunya-fdRElLyzyq.jpg Ilustrasi niat puasa Tarwiyah dan Arafah. (Foto: Shutterstock)

NIAT puasa Tarwiyah dan Arafah banyak dicari kaum Muslimin. Kedua puasa sunah tersebut dilaksanakan pada tanggal 8โ€“9 Dzulhijjah dan merupakan bagian dari amalan di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah yang sangat mulia.

Tahun ini Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah 1443 Hijriah jatuh pada hari Jumat 1 Juli 2022 Masehi. Dengan demikian puasa Tarwiyah dan Arafah bertepatan dengan 8โ€“9 Juli.

Baca juga: Mengerikan! Ini Kondisi Makam Abu Lahab dan Abu Jahal, Tercium Aroma Busukย 

Dikutip dari laman Rumaysho, Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal M.Sc menjelaskan bahwa perintah puasa Dzulhijjah, Tarwiyah, dan Arafah berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wassallam:

ู…ูŽุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู ุงู„ู’ุนูŽู…ูŽู„ู ุงู„ุตู‘ูŽุงู„ูุญู ูููŠู‡ูŽุง ุฃูŽุญูŽุจู‘ู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ู ูŠูŽุนู’ู†ูู‰ ุฃูŽูŠู‘ูŽุงู…ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุดู’ุฑู. ู‚ูŽุงู„ููˆุง ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽู„ุงูŽ ุงู„ู’ุฌูู‡ูŽุงุฏู ููู‰ ุณูŽุจููŠู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ ูˆูŽู„ุงูŽ ุงู„ู’ุฌูู‡ูŽุงุฏู ููู‰ ุณูŽุจููŠู„ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŒ ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ุจูู†ูŽูู’ุณูู‡ู ูˆูŽู…ูŽุงู„ูู‡ู ููŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฑู’ุฌูุนู’ ู…ูู†ู’ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุจูุดูŽู‰ู’ุกู

"Tidak ada satu amal salih yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal salih yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah). Para sahabat bertanya, 'Tidak pula jihad di jalan Allah?' Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wassallam menjawab, 'Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satu pun'."

(HR Abu Dawud nomor 2438, At-Tirmidzi 757, Ibnu Majah 1727, dan Ahmad 1968, dari Ibnu โ€˜Abbas. Syekh Al Albani mengatakan hadis ini sahih. Syekh Syu'aib Al Arnauth mengatakan sanad hadis ini sahih sesuai syarat Bukhari dan Muslim)

Baca juga: Doa saat Membayar Utang Sesuai Sunah: Lengkap Teks Arab, Latin, Terjemahan Indonesiaย 

Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah

Adapun niat puasa Tarwiyah dan Arafah dimulai sejak malam hari. Batasan waktu niat sampai sebelum masuk waktu subuh. Jadi selepas maghrib sudah bisa langsung berniat dalam hati untuk puasa besok.

Apabila belum sempat niat dan bangunnya usai imsak atau subuh, bisa langsung berniat puasa sunah dengan catatan belum makan, minum, atau mengerjakan hal-hal yang bisa membatalkan puasa.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Diterangkan bahwa niat berarti al-qashdu atau keinginan. Niat puasa adalah keinginan untuk berpuasa. Letak niat di dalam hati, tidak cukup dalam lisan, tidak disyaratkan melafazkan niat. Berarti niat di dalam hati saja sudah teranggap sahnya.

Ulama besar Muhammad Al Hishni berkata:

ู„ุงูŽ ูŠูŽุตูุญูู‘ ุงู„ุตูŽู‘ูˆู’ู…ูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุจูุงู„ู†ูู‘ูŠูŽู‘ุฉู ู„ูู„ู’ุฎูŽุจูŽุฑูุŒ ูˆูŽู…ูŽุญูŽู„ูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ู‚ูŽู„ู’ุจูุŒ ูˆูŽู„ุงูŽ ูŠูุดู’ุชูŽุฑูŽุทู ุงู„ู†ูู‘ุทู’ู‚ู ุจูู‡ูŽุง ุจูู„ุงูŽ ุฎูู„ุงูŽูู

"Puasa tidaklah sah kecuali dengan niat karena ada hadis yang mengharuskan hal ini. Letak niat adalah di dalam hati dan tidak disyaratkan dilafazkan." (Lihat kitab Kifayah Al-Akhyar, halaman 248)

Wallahu a'lam bisshawab.

Baca juga: Heboh Dugaan Penyelewengan Dana Umat, MUI: Perlu Kehati-hatian Berganda Mengelolanyaย 

Baca juga: Hormati Agama Islam, Klub Sepakbola Inggris Blackburn Rovers Undang Muslimin Sholat Idul Adha di Stadionnyaย 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini