Share

Kisah Aktivis Cantik Dapat Hidayah Islam Setelah 18 Bulan Diculik Gerilyawan

Syifa Fauziah, Jurnalis · Selasa 19 Juli 2022 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 19 621 2632239 kisah-aktivis-cantik-dapat-hidayah-islam-setelah-18-bulan-diculik-gerilyawan-ypWRSoFdWy.jpg Kisah aktivis cantik Silvia Constanza Romano masuk Islam setelah jadi korban penculikan gerilyawan. (Foto: YouTube Mualaf Terbaru-KM id)

INILAH kisah inspiratif aktivis cantik bernama Silvia Constanza Romano cantik masuk Islam setelah tertimpa musibah. Diawali pada tahun 2018, media di Italia diramaikan dengan kabar penculikan wanita asal Negeri Piza itu di kota pesisir tenggara Kenya.

Wanita tersebut Silvia Constanza Romano yang bekerja sebagai aktivis dan relawan asal Italia. Saat itu dia bertugas menjadi sukarelawan dalam organisasi bantuan sosial Afrika.

Baca juga: Kisah Wanita Bule Ucap Syahadat di Usia Senja, Berawal Lihat Putrinya Berhijab hingga Langsung Daftar Haji 

Kisah aktivis cantik Silvia Constanza Romano masuk Islam setelah jadi korban penculikan gerilyawan. (Foto: YouTube Mualaf Terbaru-KM id)

Selama 18 bulan Silvia diculik. Akhirnya dia dibebaskan pada 10 Mei 2020 melalui usaha bersama Badan Intelijen Turki, Somalia, dan Italia. Namun bebas dari tragedi penculikan itu, Silvia ternyata sudah menjadi mualaf.

Menurut dia, musibah penculikan yang terjadi telah membuka jalan hidayah baginya. Alih-alih trauma atau dendam, Silvia justru bersyukur telah diperlakukan dengan baik oleh para penculiknya. Ternyata Silvia diculik karena alasan budaya mereka.

Baca juga: Kisah Bule Dapat Hidayah Islam Usai Lihat Teman Mabuknya Tobat dan Sholat 

"Keinginan itu datang spontan. Penculik itu membawa Alquran dan mengajarkan saya bahasa Arab. Jujur saya berterima kasih atas apa yang penculik itu lakukan kepada saya," ungkap Silvia, dikutip dari kanal YouTube Mualaf Terbaru-KM id, Selasa (19/7/2022).

Terkait keputusan menjadi mualaf, dia mengatakan itu pilihan tanpa paksaan. "Tidak ada pernikahan atau hubungan lain, hanya rasa hormat," tambahnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara Wakil Menteri Luar Negeri Italia Massimo D'Alema membenarkan telah menjalin kerja sama dengan Turki untuk melakukan operasi penyelamatan Silvia.

"Telah ada kerja sama dengan Badan Intelijen Turki untuk melakukan tindakan pada waktu yang tepat," ungkapnya.

Baca juga: Cerita Gadis Cantik Ucap Syahadat Diantar Ibunya yang Non-Muslim, Beri Dukungan Penuh 

Setelah dibebaskan, akhirnya Silvia dibawa ke kedutaan besar. Setelah sampai di Bandara Roma, ia tampil dengan balutan hijab yang membuatnya sangat cantik.

Jaksa yang bermarkas di Roma akan menyelidiki kejahatan yang dilakukan di luar negeri terhadap warga Italia dan Silvia akan diwawancarai terkait hal itu.

Baca juga: Penuh Haru! Kisah Adik Non-Muslim Tengah Malam Antar Abangnya Bersyahadat di Masjid 

Laporan berita Italia memaparkan para penculik menyerahkan Silvia ke tangan para militan Al Shabab di Somalia. Al Shabab dipermasalahkan karena serangkaian penculikan orang asing di sepanjang Pantai Kenya.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini