Share

24 Hukum Tajwid Surat An-Nur Ayat 3, Yuk Pahami Supaya Tepat Membacanya

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Jum'at 19 Agustus 2022 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 19 616 2650736 24-hukum-tajwid-surat-an-nur-ayat-3-yuk-pahami-supaya-tepat-membacanya-7urN6L4coJ.jpg Ilustrasi hukum tajwid Surat An-Nur Ayat 3. (Foto: Unsplash)

HUKUM tajwid Surat An-Nur Ayat 3 sangat penting diketahui kaum Muslimin. Bertujuan membuat setiap Muslim dapat membacanya dengan tepat sehingga menjadi lebih indah sekaligus membaguskan makna yang ada di dalamnya.

Surat An-Nur sendiri merupakan surat ke-24 dalam Alquran yang berisi 64 ayat dan memiliki arti "Cahaya". Dalam ayat ini Allah Subhanahu wa ta'ala menjelaskan tentang Nur Ilahi, yakni Alquran yang mengandung petunjuk-petunjuk.

Adapun Surat An-Nur Ayat 3 menjelaskan keharusan menghindari pezina, apalagi ingin dijadikan pasangan hidup. Ayat ini menyatakan bahwa laki-laki pezina, yakni yang kotor dan kebiasaan berzina tidak wajar mengawini melainkan perempuan pezina yang kotor dan terbiasa berzina pula.

اَلزَّانِيْ لَا يَنْكِحُ اِلَّا زَانِيَةً اَوْ مُشْرِكَةً ۖوَّالزَّانِيَةُ لَا يَنْكِحُهَآ اِلَّا زَانٍ اَوْ مُشْرِكٌۚ وَحُرِّمَ ذٰلِكَ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ

Az-zānī lā yangkiḥu illā zāniyatan au musyrikataw waz-zāniyatu lā yangkiḥuhā illā zānin au musyrik, wa ḥurrima żālika ‘alal-mu`minīn

Artinya: "Pezina laki-laki tidak boleh menikah kecuali dengan pezina perempuan, atau dengan perempuan musyrik; dan pezina perempuan tidak boleh menikah kecuali dengan pezina laki-laki atau dengan laki-laki musyrik; dan yang demikian itu diharamkan bagi orang-orang mukmin." (QS An-Nur: 3)

Setidaknya ada 24 hukum bacaan tajwid dalam ayat ini. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini, sebagaimana telah Okezone himpun.

1. اَلزِّ Alif lam syamsiyyah, karena alif lam bertemu dengan huruf zai (huruf syamsiyyah), cara bacanya huruf lam di masukan ke huruf zai (huruf syamsiyyah).

2. ٱلزَّانِى Mad thabi'i, karena alif mati sebelumnya ada huruf yang berbaris fathah, cara bacanya dibaca panjangnya 2 harakat.

3. انِى Mad thabi'i, karena huruf nun berharakat kasrah bertemu ya sukun dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

4. لَا Mad thabi'i, karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

5. نكِحُ Ikhfa ab'adh, karena nun mati bertemu dengan huruf kaf, cara membacanya nun mati berubah menjadi suara "ng".

6. إِلَّا Mad thabi'i, karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

7. زَانِ Mad thabi'i, karena huruf zai berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

8. انِيَةً Idzhar khalqi, sebab huruf ta berharakat fathah tanwin bertemu huruf hamzah. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.

9. أَوْ Mad lin, karena huruf wau sukun didahului oleh huruf hamzah berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

10. كَةً وَٱلزَّ Idgham bighunah, karena huruf ta berharakat fathah tanwin bertemu huruf wau bertasydid. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

11. ٱلزَّ Alif lam syamsiyyah, karena alif lam bertemu dengan huruf zai (huruf syamsiyyah), cara bacanya huruf lam di masukan ke huruf zai (huruf syamsiyyah).

13. ٱلزَّا Mad thabi'i, karena huruf zai berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

14. لَا Mad thabi'i, karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

15. يَنكِحُهَآ Ikhfa, karena huruf nun sukun bertemu huruf kaf. Cara membacanya samar dengan dengung dan ditahan selama 3 harakat. Cara pengucapan seperti bunyi "ng".

16. حُهَآ Mad zaid munfasil, karena huruf mad bertemu hamzah di lain kata. Dibaca panjang 2, 4 atau 5 harakat.

17. إِلَّا Mad thabi'i, karena huruf lam berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

18. زَا Mad thabi'i, karena huruf zai berharakat fathah bertemu alif dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

19. نٍ أَوْ Idzhar sebab huruf nun berharakat kasrah tanwin bertemu huruf hamzah. Dibaca jelas tidak berdengung sama sekali.

20. أَوۡ Mad lin, karena huruf wau sukun didahului oleh huruf hamzah berharakat fathah. Dibaca panjang 2 harakat.

21. كٌ ۚ وَ Idgham bighunnah, karena huruf kaf berharakat dhammah tanwin bertemu huruf wau. Dibaca masuk dengan dengung dan ditahan sampai 3 harakat.

22. ذَٰلِكَ Mad asli atau mad thabi’i karena huruf dzal berharakat fathah tegak dan setelahnya tidak bertemu hamzah, sukun, waqaf, dan tasydid. Cara membacanya panjang 2 harakat.

23. ٱلۡمُؤۡ Alif lam qamariyah karena huruf alif lam bertemu huruf mim. Dibaca secara jelas.

24. ٱلۡمُؤۡمِنِينَ Mad arid lissukun karena huruf mad jatuh sebelum huruf yang diwaqaf. Cara membacanya dengan dipanjangkan 2 sampai 6 harakat.

Demikian penjelasan mengenai hukum tajwid Surat An-Nur Ayat 3. Semoga jelas dan bermanfaat. Wallahu a'lam bishawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini