Share

2 Hukum Tajwid Alif Lam dalam Alquran Lengkap Jenis dan Cara Membacanya

Syifa Fauziah, Jurnalis · Kamis 01 September 2022 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 01 616 2658764 2-hukum-tajwid-alif-lam-dalam-alquran-lengkap-jenis-dan-cara-membacanya-5It6u6qse8.jpg Ilustrasi hukum tajwid Alif Lam dalam Alquran. (Foto: Shutterstock)

MENGENAL hukum tajwid alif lam dalam Alquran sangat penting sebelum membaca Kalamullah. Hal itu agar setiap Muslim bisa membaca Alquran dengan baik dan benar. Hukum tajwid ini dikenal dalam dua kelompok, yaitu alif lam syamsiah dan alif lam qomariah.

Dinukil dari laman Hukum Tajwid, kedua hukum bacaan ini memiliki perbedaan dari cara membacanya. Alif lam qomariah dibaca secara jelas, sementara alif lam syamsiah dibaca tidak jelas atau lebur ke dalam huruf syamsiah di depannya.

Selain itu, bentuk tulisan keduanya juga berbeda. Hukum alif lam qomariah biasanya ditandai dengan harakat sukun ( ْ- ), sementara alif lam syamsiah ditandai dengan harakat tasydid ( ّ- ).

Baca juga: 16 Hukum Tajwid dan Contohnya, Yuk Pahami agar Tepat saat Baca Alquran 

Dua Hukum Tajwid Alif Lam dalam Alquran

Alif Lam Syamsiah

Alif Lam Syamsiah (الشمسية) atau juga sering disebut dengan istilah Idgham Syamsiah yaitu bagian dari hukum Alif Lam Ta’rif yang berlaku ketika ada huruf Alif-Lam ( ال ) ketemu dengan satu dari 14 (empat belas) huruf hijaiyah yang masuk ke dalam Huruf Syamsiah, yaitu:

‎ن , ل , ظ , ط , ض , ص , ش , س , ز , ر , ذ , د , ث , ت

Hukum tajwid Alif Lam dalam Alquran. (Foto: Istimewa)

Contoh Alif Lam Syamsiah dalam Alquran

Baca juga: 19 Hukum Tajwid Surat Al A'raf Ayat 180, Yuk Pahami Supaya Tepat Membacanya 

Alif Lam syamsiah dalam Alquran sangat banyak di antaranya adalah:

1. Surat Al Fatihah [1] Ayat 3

Hukum tajwid Alif Lam dalam Alquran. (Foto: Istimewa)

2. Surat Al Baqarah [2] Ayat 8

Hukum tajwid Alif Lam dalam Alquran. (Foto: Istimewa)

3. Surat Al Kahf[18] Ayat 2

Hukum tajwid Alif Lam dalam Alquran. (Foto: Istimewa)

Cara Membaca Alif Lam Syamsiah

Syamsiah asal katanya adalah syams, yang artinya adalah matahari. Secara filosofis, matahari berarti benda langit mempunyai sinar dan sinar matahari tersebut bisa menguapkan, meleburkan, dan melenyapkan benda-benda langit yang lainnya.

Dalam Alquran, sufat-sifat dari Hukum Alif Lam Syamsiah tersebut berada dalam Tanda Tasydid yang terletak di atas huruf Syamsiah, yaitu tanda tasydid yang diberikan sebab terjadinya suatu hukum pertemuan antara huruf hijaiyah Alif-Lam dan Huruf Syamsiah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sama seperti pada Hukum Alif Lam Qamariah, ada hal-hal yang harus sangat diperhatikan pada saat membaca Hukum Alif Lam Syamsiah yaitu:

1. Bila terletak pada awal ayat atau sering disebut dengan istilah Ibtida’ [memulai lagi bacaan sesudah waqaf / berhenti), maka cara membacanya adalah huruf Alif dibaca seperti huruf yang berharakat Fathah. Sementara itu, untuk huruf Lam tak dibaca [seperti tidak ada, sebab sudah melebur ke huruf Syamsiah atau dibaca dengan idgham. Cara membaca seperti ini tetaplah berlaku meskipun di atas huruf Syamsiah tersebut tidak terdapat tanda tasydidnya.

Contoh:

Hukum tajwid Alif Lam dalam Alquran. (Foto: Istimewa)

2. Bila Alif Lam Syamsiah terletak di tengah ayat Al Qur’an (washal/berhenti di tengah ayat Al Qur’an), maka huruf Alif-Lam tidak dibaca / seperti dianggap tidak ada. Jadi huruf sebelum alif Lam langsung dileburkan ke dalam huruf Syamsiah.

Hukum tajwid Alif Lam dalam Alquran. (Foto: Istimewa)

Huruf O, yang berada di tulisan latin untuk kata ‘Adrooka’ dan juga kata ‘Thooriq’ di atas yaitu untuk menunjukkan suara dari bacaannya. Bila kita mengikuti Hukum Tajwid, maka seharusnya ditulis dengan memakai huruf A, bukan huruf O, yaitu Thaariq atau Adraaka.

Alif Lam Qomariah

Alif Lam Qamariah atau juga sering juga disebut sebagai Izhar Qamariah merupakan salah satu bagian dari 2 bagiah hukum Alif Lam Ta’rif yang terjadi ketika ada huruf Alif-Lam (ال ) ketemu dengan satu huruf hijaiyah yang berjumlah 14 Huruf Qamariah. Huruf tersebut adalah :

‎١, ب ، ج ، ح ، خ ، ع ، غ ، ف ، ق ، ك ، م ، و ، ي ، ه

Contoh Alif Lam Qomariah dalam Alquran

Dalam Al Qur’an banyak sekali terdapat contoh Alif Lam Qomariyah, di antaranya adalah:

1. Surat Ali Imran Ayat 2

Hukum tajwid Alif Lam dalam Alquran. (Foto: Istimewa)

2. Surat Al Baqarah Ayat 2

Hukum tajwid Alif Lam dalam Alquran. (Foto: Istimewa)

3. Al Baqarah Ayat 5

Hukum tajwid Alif Lam dalam Alquran. (Foto: Istimewa)

Cara Membaca Alif Lam Qomariyah

Secara etimologi, Qamariah asal katanya adalah qamarun, yang artinya adalah bulan. Dilihat dari filosofinya, bulan merupakan benda langit yang bisa dilihat oleh manusia dengan jelas. Adapun cara membaca dari Hukum Alif Lam Qamariah yaitu jelas dan tegas (tidak berdengung) atau tidak diidghamkan.

Akan tetapi, ada hal-hal yang wajib diperhatikan ketika membaca Hukum Alif Lam Qamariah, di antaranya adalah:

1. Apabila Alif Lam Qomariah berada di awal ayat atau disebut juga Ibtida’ (memulai bacaan setelah waqaf/berhenti), maka huruf hijaiyah Alif dibaca seperti huruf hijaiyah yang berharakat Fathah, meskipun di atas huruf hijaiyah Alif tersebut tidak tertulis harakat Fathah. Sementara itu, huruf Lam membacanya adalah disukun. Maka, secara otomatis huruf hijaiyah Alif-Lam tersebut cara membacanya [akan dibaca] “AL”.

2. Apabila Alif Lam Mim Qomariah berada di tengah ayat (washal di tengah ayat), huruf hijaiyah Alif tidak dibaca, dan huruf huruf hijaiyah Lam tetap dibaca Sukun.

Hukum tajwid Alif Lam dalam Alquran. (Foto: Istimewa)

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini