Share

Kapan Batas Paling Akhir Mengeluarkan Zakat Fitrah?

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Kamis 22 September 2022 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 22 330 2672690 kapan-batas-paling-akhir-mengeluarkan-zakat-fitrah-8K7VSXDXLi.jpg Ilustrasi batas paling akhir mengeluarkan zakat fitrah. (Foto: Dok Okezone)

KAPAN batas paling akhir mengeluarkan zakat fitrah? Hal ini banyak ditanyakan kaum Muslimin, terutama di bulan Ramadhan. Jawabannya sangat penting diketahui agar lebih afdhol menunaikannya.

Diketahui bahwa umat Islam wajib mengeluarkan zakat fitrah setiap tahunnya. Dalam sebuah hadis Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam pun telah mewajibkan setiap Muslim membayar zakat fitrah.

BACA JUGA:5 Orang yang Tidak Diwajibkan Berzakat, Siapa Saja? 

 

"Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam telah mewajibkan zakat fitrah sebanyak satu sha' kurma atau gandum atas orang Muslim, baik budak dan orang biasa, laki-laki dan wanita, anak-anak dan orang dewasa, beliau memberitahukan membayar zakat fitrah sebelum berangkat (ke masjid) 'Idul Fitri." (HR Bukhari dan Muslim)

Pembayaran zakat fitrah sendiri tidak bisa sembarangan. Selain besarannya sudah ditentukan, batas akhirnya pun perlu diperhatikan.

Dikutip dari baznas.jogjakota.go.id, ada empat pendapat berbeda terkait waktu awal pembayaran zakat fitrah dan juga batas akhirnya.

BACA JUGA:Kumpulan Ayat Alquran tentang Zakat Beserta Artinya 

1. Hanafiyah

Jika mengikuti Madzhab Hanafiyah, tidak ada batas awal maupun akhir. Artinya, zakat fitrah boleh dibayarkan sebelum 1 syawal (hari raya) atau sebelum Ramadhan sekalipun. Namun, zakat fitrah harus tetap dibayarkan walaupun terlambat hingga melewati 1 Syawal. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

2. Malikiyah

Madzhab Malikiyah memiliki ketentuan awal membayar zakat fitrah pada 2 hari sebelum hari raya idul fitri. Sementara batas akhir paling lambatnya adalah terbenamnya matahari 1 syawal.

3. Syafi'iyah

Madzhab Syafi'iyah dalam pembayaran zakat fitrah dimulai sejak hari pertama Ramadhan. Adapun batas akhirnya sendiri saat tenggelamnya matahari 1 Syawal.

Tapi waktu utamanya adalah sebelum sholat id. Jika seseorang melewati batas tersebut dan tidak ada udzur atau halangan, maka dia berdosa serta tetap harus membayar zakat fitrah.

4. Madzhab Hanbali

Waktu awal pembayaran zakat fitrah menurut Madzhab Hanbali sama dengan Maliki yaitu dua hari sebelum hari raya. Sementara batas akhirnya sama dengan Syafi'iyah yang tidak lain adalah terbenamnya matahari pada 1 Syawal.

Wallahu a'lam bisshawab. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini