Share

MUI Apresiasi Peluncuran Vaksin IndoVac yang Telah Bersertifikat Halal

Hantoro, Jurnalis · Jum'at 14 Oktober 2022 12:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 14 614 2686930 mui-apresiasi-peluncuran-vaksin-indovac-yang-telah-bersertifikat-halal-LLHOCAaeb5.jpg Ilustrasi MUI apresiasi peluncuran Vaksin IndoVac yang telah bersertifikat halal. (Foto: Freepik)

MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) memberi apresiasi atas peluncuran vaksin covid-19 produksi dalam negeri yakni IndoVac yang telah mengantongi sertifikat halal MUI. Peluncuran dilakukan Presiden Joko Widodo di pabrik PT Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Kamis 13 Oktober 2022.

"Apresisi tentunya, selain akan menghasilkan devisa, produk ini bisa diterima seluruh penduduk dunia karena produk ini adalah produk halal, yang kehalannya dikeluarkan oleh MUI, sehingga baik itu negara-negara Muslim dan non-Muslim langsung menerimanya," kata Wakil Ketua Umum MUI KH Marsudi Syuhud, dikutip dari mui.or.id, Jumat (14/10/2022).

BACA JUGA:Baru Diluncurkan Presiden Jokowi, Ini 5 Fakta Seputar Vaksin dalam Negeri IndoVac 

Ilustrasi Vaksin IndoVac. (Foto: Freepik)

Ia mengatakan produk Halal yang merupakan salah satu program MUI bisa dirasakan manfaatnya hingga seluruh dunia.

"Itulah program-program MUI untuk bisa terus-menerus berkhidmah untuk bangsa Indonesia khususnya dan untuk bangsa sedunia," papar Kiai Marsudi.

BACA JUGA:MUI Prihatin 131 Anak Indonesia Alami Gangguan Ginjal Akut Misterius, Minta Pemerintah Cepat Cari Penyebabnya 

Menurut dia, produk ini mempunyai nilai lebih karena sertifikasi halal dari MUI memudahkan pasar dunia yang mengedepankan produk halal.

"Kelebihan produk Vaksin IndoVac adalah sudah dapat sertifikasi halal. Itu menjadi nilai lebih bagi IndoVac untuk market di dunia," jelasnya. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dilansir Antara, IndoVac merupakan vaksin covid-19 berbasis teknologi subunit rekombinan protein yang diproduksi PT Bio Farma (Persero). Bio Farma mulai melakukan riset dan pengembangan vaksin covid-19 selama hampir setahun sejak November 2021 hingga 24 September 2022.

Vaksin IndoVac sendiri telah mendapatkan izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pada 24 September 2022 untuk vaksinasi primer, yakni dosis I dan dosis II bagi dewasa (usia di atas 18 tahun). IndoVac juga telah mendapat sertifikasi halal dari MUI.

Dalam proses produksi dari hulu ke hilir, Bio Farma telah menerapkan tata kelola yang baik, mulai sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) dari BPOM, uji praklinis pada binatang, serta uji klinis tahap I (175 subjek), tahap II (360 subjek), dan tahap III (4.050 subjek).

Dari hasil uji klinis tersebut, IndoVac memiliki keamanan yang baik dengan Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (KIPI) gejala berintensitas ringan, seperti nyeri pada area suntik. IndoVac juga memiliki efektivitas yang baik dalam meningkatkan titer(konsentrasi larutan) antibodi.

Dalam uji imuno-bridging dengan vaksin pembanding, yang memiliki efikasi di atas 80 persen, IndoVac terbukti non-inferiority. Artinya, IndoVac memiliki efektivitas lebih bagus dibandingkan dengan vaksin pembanding dengan efikasi di atas 80 persen. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini