Share

Selain Khulafaur Rasyidin, Ini 5 Gelar Umar bin Khattab yang Memiliki Arti Luar Biasa

Nurul Amanah, Jurnalis · Senin 14 November 2022 08:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 14 614 2706799 selain-khulafaur-rasyidin-ini-5-gelar-umar-bin-khattab-yang-memiliki-arti-luar-biasa-M0wZmrP154.jpg Ilustrasi gelar-gelar Umar bin Khattab. (Foto: Shutterstock)

UMAR bin Khattab dikenal sebagai salah satu sahabat yang menjadi khalifah setelah wafatnya Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Sebutannya Khulafaur Rasyidin yang berarti pemimpin yang menggantikan tugas-tugas Rasulullah.

Umar bin Khattab menjadi khalifah kedua menggantikan Abu Bakar Ash-Shiddiq. Dalam sejarah Islam, Umar bin Khattab dikenal sebagai sosok yang berani, tegas, dan tangguh serta memiliki kecerdasan tinggi. Sehingga, dirinya mendapat beberapa gelar, di antaranya sebagai berikut:

BACA JUGA:Jadwal Sholat Awal Pekan Ini Senin 14 November 2022M/19 Rabiul Akhir 1444H  

Info grafis sholawat Nabi. (Foto: Okezone)

1. Al Faruq

Ketika memutuskan berdakwah secara terang-terangan, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam mulai menyebarkan agama Islam dengan membawa dua barisan menuju Masjidil Haram. Barisan pertama dipimpin 'Umar, sementara barisan lainnya dipimpin Hamzah bin Abdul Muthalib.

Derap langkah kaki mereka menerbangkan pasir jalanan yang dilalui, sampai akhirnya masuk Masjid Al Haram. Ketika melihat kedua barisan yang dipimpin Hamzah dan 'Umar, kaum kafir Quraisy tampak muram dan merasa gundah.

Sejak itulah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam memberi gelar Al Faruq kepada Umar bin Khattab yang artinya "Sang Pembela Antara Haq dan Bathil".

Julukan Al Faruq yang disematkan kepada Umar bin Khattab juga disebutkan merujuk pada perannya sebagai penjaga Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sekaligus pencerah berai orang-orang kafir.

Pasalnya selain mampu membedakan kebenaran dan kebathilan, Umar bin Khattab juga berupaya menjaga kebenaran tersebut dan melindungi Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam dari hal-hal bathil.

BACA JUGA:Sembuhkan Penyakit Temannya, Abu Nawas Malah Ajak Makan-Makan 

2. Amirul Mukminin

Dikutip dari pcnukendal.com, usai menggantikan posisi Abu Bakar, para sahabat berkata, "Kita adalah mukminin (orang-orang beriman) dan Umar adalah amir (pemimpin) kita, maka Umar pun akhirnya dijuluki Amirul Mukminin. Orang pertama yang dipanggil dengan gelar tersebut adalah Umar bin Khattab.

3. Abu Hafsh

Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sendiri memberi Umar bin Khattab gelar dengan Abu Hafs dan Hafs Al Asad karena sangat kuat.

Diriwayatkan oleh Zaid bin Aslam dari ayahnya, ia berkata, "Aku melihat Umar bin Khattab radhiyallahu anhu memegang telinga kuda dengan satu tangannya dan satunya lagi memegang telinganya sendiri. Seketika kudanya tersungkur, terduduk diam, dan Umar pun menungganginya."

Namun, ada pula pendapat yang menyebut bahwa Abu Hafsh memiliki arti Umar bin Khattab sebagai ayah dari Hafsh, dan hal tersebut adalah sebuah panggilan bukan sebagai julukan. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

4. Assadullah

Sebelum teguh memeluk Islam, Umar bin Khattab sudah dikenal sebagai sosok yang sangat berani. Berkat keberaniannya itu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pun memberi gelar Asadullah atau "Singa Allah" atau "Singa Padang Pasir".

Tidak hanya itu, kemampuan Umar bin Khattab menggunakan pedang bagai kilat berhasil menjadikannya sosok yang disegani penduduk Kota Makkah.

Bahkan ketika Umar resmi menjadi seorang Muslim, keberanian dan ketangkasannya dalam membela Islam juga banyak ditakuti oleh orang-orang kafir.

5. Abu Faiz

Julukan Umar bin Khattab lainnya ialah Abu Faiz. Ia diberi gelar tersebut karena memiliki ilmu dan kecerdasan serta wawasan yang luas. Beliau juga dikenal karena kecerdikannya dalam berdiplomasi.

Wallahu a'lam bisshawab. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini