Share

Bacaan Takbiratul Ihram dan Keutamaannya Lengkap dengan Artinya

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Selasa 15 November 2022 09:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 15 330 2707639 bacaan-takbiratul-ihram-dan-keutamaannya-lengkap-dengan-artinya-t1WeJQqVPQ.jpg Ilustrasi bacaan takbiratul ihram dan keutamaannya lengkap dengan artinya. (Foto: Shutterstock)

BACAAN takbiratul ihram dan keutamaannya lengkap dengan artinya sangat penting diketahui setiap Muslim. Membaca takbiratul ihram merupakan rukun bagi setiap umat Islam yang mendirikan sholat wajib maupun sunnah.

Takbiratul ihram sendiri diartikan sebagai lantunan takbir pertama ketika sholat dimulai. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam menjelaskan kepada kaum Muslimin tentang tata cara sholat.

BACA JUGA:Jadwal Sholat Hari Ini Selasa 15 November 2022M/20 Rabiul Akhir 1444H 

 

Dalam sebuah hadits riwayat Imam Bukhari nomor 757 dan Imam Muslim nomor 397 disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam meminta bertakbir ketika telah berdiri menghadap arah sholat yang benar.

إذا قُمتَ إلى الصَّلاةِ فأسْبِغ الوُضُوءَ، ثم اسْتقبل القِبْلةَ فكبِّر…

Artinya: "Jika engkau hendak shplat, ambilah wudhu lalu menghadap kiblat dan bertakbirlah …" 

Adapun bacaan takbiratul ihram sangat singkat, namun memiliki arti luar biasa besar. Berikut lantunan takbiratul ihram yang wajib diketahui.

BACA JUGA:Isi Surat Taha Ayat 25-26 yang Selalu Dibaca Penyanyi Raisa Sebelum Beraktivitas 

أللهُ أَكْبَرْ

Allahu Akbar

Artinya: "Allah Maha Besar." 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Keutamaan Membaca Takbiratul Ihram

Melantunkan takbiratul ihram memiliki keutamaan tersendiri. Terlebih lagi jika membaca takbir tersebut bersama imam yang memimpin ibadah sholat berjamaah.

Keutamaan ini tertuang dalam sebuah hadits, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ صَلَّى لِلَّهِ أَرْبَعِينَ يَوْمًا فِي جَمَاعَةٍ يُدْرِكُ التَّكْبِيرَةَ الأُولَى كُتِبَ لَهُ بَرَاءَتَانِ: بَرَاءَةٌ مِنَ النَّارِ، وَبَرَاءَةٌ مِنَ النِّفَاقِ

Artinya: "Barangsiapa sholat berjamaah selama empat puluh hari dengan mendapatkan takbir pertama (takbiratul ihram) ikhlas karena Allah, akan dicatat baginya terbebas dari dua hal, yaitu terbebas dari api neraka dan terbebas dari sifat munafik." (HR Tirmidzi nomor 241, dinilai hasan oleh Syekh Al Albani)

Dikutip dari muslim.or.id, penjelasan hadits ini kemudian dijabarkan oleh Ath-Thibi sebagai berikut:

"Di dunia, dia terbebas dari beramal sebagaimana amal yang dilakukan oleh orang-orang munafik, dan diberi taufik agar beramal sebagaimana amal yang dilakukan oleh orang-orang yang ikhlas. Di akhirat, dia terbebas dari azab yang diberikan kepada orang-orang munafik, atau dipersaksikan bahwa dia bukanlah termasuk ke dalam golongan orang-orang munafik.

Karena sesungguhnya, jika orang-orang munafik itu mendirikan sholat, mereka akan mendirikan sholat dengan rasa malas. Sedangkan kondisi orang-orang tersebut (yang membersamai imam ketika takbiratul ihram, red) berbeda dengan kondisi orang-orang munafik." (Syarh Ath-Thibi, 3: 74)

Begitulah bacaan takbiratul ihram yang dalam sholat. Selain wajib dilantunkan, membacanya bersama imam pun dapat meraih keutamaan yang luar biasa besar.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini