Share

Arti Alif Lam Mim di Pembukaan Surat Alquran, Muslimin Wajib Tahu

Syifa Fauziah, Jurnalis · Rabu 23 November 2022 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 330 2713035 arti-alif-lam-mim-di-pembukaan-surat-alquran-muslimin-wajib-tahu-nURNLl1H3H.jpg Ilustrasi arti Alif Lam Mim di pembukaan surat Alquran. (Foto: Freepik)

ARTI Alif Lam Mim di pembukaan surat Alquran ternyata memiliki makna yang tidak bisa dijelaskan secara pasti. Di beberapa awalan surat menggunakan Arti Alif Lam Mim, contohnya Surat Al Baqarah, Ali Imran, Al Ankabut, Ar-Rum, As-Sajadah, dan lainnya.

Alif Lam Mim sendiri terdiri dari huruf-huruf lepas dan biasanya hanya ada satu dari sekian banyak huruf lepas yang menjadi ayat pembuka dalam beberapa surat di Alquran. Contohnya Surat Maryam dengan Kaf Ha Ya 'Ain Sad, An-Naml dengan Ta Sin, Yasin dengan Ya Sin, As-Syura dengan Ha Mim, dan sebagainya.

Buku Tafsir Al-Azhar Jilid 1 karya Hamka, buku Kamus Al-Qur'an: Quranic Explorer karya Ali As-Sahbuny dan Permata Al-Quran karya Profesor Dr H Muhammad menjelaskan Arti Alif Lam Mim memiliki arti berbeda dan terbagi dalam tiga golongan, yakni:

BACA JUGA:9 Ayat Alquran tentang Gempa Beserta Maknanya 

Ilustrasi arti Alif Lam Mim di pembukaan surat Alquran. (Foto: Freepik)

BACA JUGA:Profil Ghanim Al Muftah, Penyandang Disabilitas yang Membuka Piala Dunia 2022 Qatar dengan Bacaan Alquran 

1. Golongan pertama dari Ibnu Abbas yang menafsirkan bahwa alif merujuk pada nama Allah Subhanahu wa ta'ala, Lam untuk Malaikat Jibril, dan Mim untuk Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Tafsir ini juga menyebut Alif merupakan ringkasan dari ana (aku), Lam dari kata Allah, dan Ra dari Ara yang menjadi Anal Lahu Ara (Aku adalah Allah, Aku melihat).

Sementara itu, Rabi bin Anas memberi pendapat lain bahwa Alif Lam Mim adalah tiga kunci yakni Alif sebagai kunci dari nama Allah Subhanahu wa ta'ala.

Lam diartikan sebagai kunci dari nama-Nya Lathif, dan Mim untuk kunci dari nama-Nya Majid. Selain itu, Zaid bin Aslam menyebutkan huruf tersebut bermakna nama-nama dari surat Alquran. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

2. Bagi golongan kedua menganggap menyebutkan huruf-huruf di pangkal surat dalam Alquran adalah rahasia Allah Subhanahu wa ta'ala dan termasuk dalam ayat mutasyabih.

Abu Bakar Ash-Shiddiq pernah berkata, "Tiap-tiap kitab mempunyai rahasia, dan rahasia Alquran adalah awal suratnya."

Kemudian Ibnu Mas'ud memiliki pendapat yang senada. Ia berkata, "Tiap-tiap huruf awal surat merupakan ilmu yang disembunyikan dan rahasianya tertutup oleh kekuasaan Allah Subhanahu wa ta'ala, sehingga banyak para mufasir yang hanya memperkirakan maknanya. Hal ini disebabkan keterbatasan pemahaman dan latar belakang pengetahuan mereka, sehingga untuk makna yang haikiki ayat tersebut dikembalikan pada Allah Ta'ala."

3. Terakhir golongan yang menafsirkan arti Alif Lam Mim di setiap pembukaan surat Alquran sebagai peringatan. Menurut Al Hubbi, Allah Subhanahu wa ta'ala mengetahui saat-saat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sebagai orang yang sibuk. Karena hal itu, Malaikat Jibril menyampaikan melalui firman Allah seperti Alif Lam Mim agar Nabi memerhatikannya.

Wallahu a'lam bisshawab. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini